6 Langkah Jadi Pengusaha Bagi Pemula

0
3159
6 Alasan Mengapa Anda Harus jadi Pengusaha (dok voffice.co.id)

Setidaknya ada enam langkah yang bisa dilakukan bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha. Sudah siap?. Yuk kita mulai ya dari yang pertama

Pertama, Niat

Untuk memulai usaha, tentukan niat anda apa untuk memulai usaha ini. Karena niat sangat penting menentukan arah dari usaha Anda. Niat menjadi pengusaha bermacam-macam seperti mencari profit, pingin terkenal, mandiri, tidak terikat oleh waktu jam kantor maupun agar tidak di suruh-suruh oleh orang lain.

Niatkan dari awal bahwa Anda membangun usaha  bukan hanya mendapatkan profit, bukan hanya untuk meningkatkan ekonomi semata, namun juga untuk bermanfaat untuk orang lain. Jika dari awal salah niat, maka dipastikan usaha yang di bangun tidak akan membuahkan hasil dan hanya membuang-buang waktu Anda. Dan tak kalah penting adalah mencari rizki untuk mendapatkan ridho dari Nya.

Kedua, Focus Ke Peluang Yang Ada

Ketika niat Anda sudah lurus dalam membangun bisnis, selanjutnya adalah melihat peluang bisnis. Karena Anda membuka bisnis tanpa melihat peluang kedepan, maka kemungkinan bisnis Anda terhambat tumbuh menjadi lebih besar. Cara melihat peluang bisnis salah satunya dengan mengamati sekitar Anda.

Contoh jika di sekitar Anda jauh dari pasar, Anda bisa menghadirkan layanan belanja atau membuka didepan rumah kebutuhan pokok untuk rumah tangga. Lalu bisa juga melihat peluang bisnis dengan hobi yang Anda senangi. Contohnya jika Anda suka memelihara kelinci, Anda bisa berbisnis kelinci hias maupun kelinci daging.

Lalu cara melihat peluang usaha Anda selanjutnya bisa dnegan bekerja sama dengan orang lain. Jika Anda mempunyai teman yang punya kemampuan, Anda bisa bekerja sama dengannya. Bisa jadi teman Anda yang membuat produknya lalu Anda yang menjualnya.

Ketiga, Cari Referensi

Untuk mencari referensi bisnis, Anda bisa melihat di social media lalu lihatlah apa yang sedang dibutuhkan oleh orang banyak. Bisa juga Anda membaca buku-buku bisnis agar wawasan bisnis Anda bertambah. Lalu untuk mencari referensi bisnis, Anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan bisnis offline maupun online. Anda akan bertemu orang-orang yang sudah terbiasa dengan bisnis lalu bisa melakukan diskusi untuk referensi bisnis Anda.

Keempat, Restu

Setelah Anda menetapkan niat, melihat peluang dan mencari refensi bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah meminta restu dari orang yang anda sayangi. Mintalah restu kepada orang tua Anda, karena restu orang tua membuat apapun yang Anda lakukan pastinya akan lancar.

Dengan restu orang tua, hambatan apapun yang Anda akan hadapi akan terasa ringan dan Anda akan kuat menghadapi cobaan di bisnis Anda. Jika Anda sudah menikah, mintalah restunya karna pasangan Anda yang akan menemani manis pahitnya perjuangan Anda dalam bisnis. Pasangan Anda lah orang yang akan mendengarkan keluh kesah dalam bisnis Anda dan juga bisa memberikan solusi ketika Anda sedang kesusahan

Kelima, Bekali Dengan Ilmu Dan Bimbingan Mentor

Bisnis tanpa Ilmu adalah sia-sia. Karena dengan ilmu bisnis Anda akan jauh lebih berkembang. Dan tentu saja dengan ilmu hal-hal buruk dapat dihindari seperti kesalahan perhitungan modal, salah target pasar sampai dengan meminimalisir kerugian.

Cara mendapatkan ilmu bisa dengan mengikuti pelatihan bisnis, seminar maupun ikut kelas e-course yang tersedia. Juga sangatlah penting mempunyai mentor. Mentor akan membimbing dan akan memberitahu hal hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari dalam bisnis Anda. Memilih mentor jangan asal memilih karena kesalahan memilih mentor akan membuat bisnis Anda semakin terpuruk.

Keenam, Tawakal

Di bawah ini merupakan salah satu hadist mengenai keuntungan orang yang bertawakal

“Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendakiNya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS ath-Thalaq [65] : 3)

Banyak orang yang salah memahami dan menempatkan arti tawakal yang sesungguhnya. Tidak jarang ada yang menanggapinya dengan ucapan: “Iya, tapi kan bukan cuma tawakal yng harus diperbaiki, usaha yang maksimal juga harus terus dilakukan!”.

Benar sekali bahwa usaha itu penting, namun sadarilah bahwa usaha saja tidak cukup. Sadarilah bahwa semua ini adalah milikNya, jadi ketika semua usaha telah dilakukan maka bersandarlah kepadaNYa.

Ketika tawakal sudah di jalankan maka semua akan terasa mudah dan ringan. Dalam bisnis hal terpenting adalah persisten / tekun. Di zaman sekarang banyak orang yang melakukan sesuatu namun tidak sampai selesai atau tuntas. Jika Anda memutuskan sesuatu maka mulailah sampai tuntas.

Jika Anda melakukan sesuatu namun tidak menuntaskannya maka hal itu hanya akan membuang waktu Anda dan juga sia-sia. Buatlah bisnis mulai dari sekarang untuk dapat bermanfaat bagi orang banyak di masa depan.

Luruskan niat Anda dalam berbisnis selain mencari keuntungan juga bermanfaat kepada sesama agar Lelah Anda dalam berbisnis menjadi ibadah di sisi Nya.

 

Oleh : Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.