Masih Perlukah Memiliki Goal Setting di Bisnis Anda?

0
2717
goal setting (dok amazonaws.com)
Pojok Bisnis

Tanpa terasa tahun 2016 telah terlewat setengah jalan, ada pebisnis yang merasa optimis dalam menhadapi tahun baru ini, tetapi banyak pula yang merasa pesimis. Selalu yang menarik dan menjadi pertanyaan wajib pada setiap Pebisnis adalah;

“Apakah Goal Bisnis Anda Tercapai hingga smester pertama tahun 2019?”

Apabila Anda mencapai atau bahkan melebihi goal di bisnis Anda, saya ucapkan Selamat…karena Anda termasuk dalam 18% pebisnis yang berhasil mencapai goal sesuai dengan target, sedangkan 82% sisanya gagal dalam mencapai goal yang telah ditetapkan. Tetapi Anda jangan khawatir, kali ini kita akan membahas 4 hal terpenting yang perlu Anda miliki dan ketahui bagaimana goal dapat berhasil dibisnis Anda

Penyebab dan Alasan pertama mengapa banyak pebisnis diluar sana gagal dalam mencapai goal setiap tahunnya adalah, karena “Mereka Tidak Tahu Bagaimana Cara Mencapai Goal”  terlebih lagi dimasa perekonomian yang sedang menurun seperti saat ini.

Top Mortar gak takut hujan reels

Walaupun mayoritas pebisnis mengetahui bagaimana cara mencapainya, kebanyakan dari mereka tidak memiliki disiplin diri dan berkomitmen untuk meraih goal yang telah mereka buat sendiri, dan ironisnya keadaan ini terus terjadi berulang kali setiap tahun.

Ada satu pertanyaan sederhana yang menarik buat Anda, yaitu Apa perbedaan antara orang yang memiliki kecerdasan dan orang yang tidak memiliki kecerdasan?. Apakah orang tidak cerdas yang memiliki tingkat IQ < 100 dan apakah orang yang cerdas yang memiliki tingkat IQ > 120?.

Jawabannya sangat sederhana namun perlu kesungguhan dalam menjalankannya, Anda perlu terus-menerus berpikir dengan benar dan berusaha semaksimal mungkin agar menjadi sukses dan bahagia kelak.

Perbedaan keduanya adalah orang yang memiliki kecerdasan adalah orang yang selalu berpikir, bertindak atau mengerjakan sesuatu yang mengarah pada goal-nya atau mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan orang yang tidak memiliki kecerdasan adalah orang yang selalu berpikir, bertindak atau mengerjakan sesuatu yang menjauhkan dirinya dari pencapaian goal.

Kita perlu merenungkan kembali bagaimana cara kita berpikir dan bertindak untuk hasil yang sesuai dan mengarah pada goal yang telah kita tetapkan sendiri secara sadar. Penetapan goal adalah hal yang penting bagi setiap pebisnis untuk dilakukan. Tidak peduli pada skala bisnis Anda saat ini, baik besar, sedang maupun kecil.

Karena ada sebuah penelitian pada tahun 1952 di Yale University mengenai seberapa banyak alumni mereka yang menetapkan goal mereka. Dari hasil penelitian ini, didapatkan hanya 3% saja dari alumni yang menetapkan goal mereka dan 97% nya tidak pernah menetapkan goal mereka. Setelah dilakukan penelitian lanjutan 20 tahun kemudian didapatkan hasil penelitian yang mencengangkan. Ternyata 3% alumni yang menetapkan goal mereka memiliki pendapatan hampir 3 kali lipat dibandingkan dengan 97% alumni yang tidak menetapkan goal mereka.

Hal ini terjadi karena saat setiap orang menetapkan goal mereka maka dia sedang merencanakan hidupnya dan tahu setiap langkah yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuannya. Sebelum menetapkan goal Anda di tahun 2019, apakah di tahun 2018 Anda mencapai semua goal yang Anda tetapkan atau berhasil mencapainya 80%, 70% dari goal Anda?

Jika Anda berhasil melakukannya, Selamat untuk anda. Jika Anda yang mencapai goal < 60% maka saatnya bagi Anda untuk melakukan evaluasi pencapaian goal Anda.

Sebagian besar orang yang tidak mencapai goal mereka setiap tahun karena mereka tidak menuliskan semua goal-nya mereka, tetapi hanya berada didalam kepala mereka saja. Agar goal Anda dapat tercapai sebaiknya Anda tulis semua goal yang ingin Anda capai dan tempelkan pada tempat kerja Anda, kamar tidur Anda bila perlu, baca setiap hari dan pikirkan bagaimana cara mencapainya, siapa orang yang dapat membantu Anda, lakukan sesuatu yang penting untuk dilakukan, bila perlu cari bantuan orang lain seperti seorang mentor atau coach yang mumpuni dibidangnya. Bergabung dengan komunitas yang sama dengan bidang/profesi Anda akan sangat membantu untuk percepatan pencapaian tujuan Anda.

Ada 4 hal yang sangat penting untuk dimiliki dan diketahui oleh setiap pebisnis dalam mencapai goal mereka sejak awal tahun. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda miliki dalam mencapai goal atau tujuan dibisnis Anda:

  1. Mempunyai Alasan yang Sangat Kuat

Alasan yang sangat kuat yang dimiliki seseorang seringkali menjadi faktor utama yang membuat manusia mampu melakukan sesuatu dengan luar biasa demi tercapainya tujuan dalam bisnis dan kehidupan.

Cukup satu alasan yang menjadi alasan utama dan motivasi terbesar pada diri seseorang untuk mendapatkan sesuatu dengan berbagai cara dan daya upaya. Contohnya seorang wiraniaga yang bernama Toni yang mampu menjual produknya berlipat ganda jauh melampaui target perusahaan dan jauh lebih besar dibandingkan rekan-rekannya yang tidak mencapai target atau hanya mencapai target saja.

Ternyata diketahui bahwa rahasia sukses Toni, mengapa ia mampu menjual produk jauh lebih banyak dibandingkan dengan rekan-rekannya, ternyata Toni memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapainya, yaitu karena Toni sedang memerlukan banyak uang untuk biaya berobat  anaknya yang sedang terbaring di rumah sakit.

Untuk itu milikilah Alasan yang sangat kuat dalam diri Anda, ciptakan pada diri Anda seolah-olah saat ini Anda dalam kondisi sangat terdesak atau kepepet, karena biasanya manusia apabila dalam keadaan terdesak/kepepet akan sering muncul ide-ide yang kreatif dan brilian .

  1. Tentukan Harga yang Harus Dibayar

Hampir semua orang bila diajukan satu pertanyaan “Apa saja syarat-syarat agar semua goal dalam bisnis dan kehidupan Anda dapat tercapai?”, banyak di antaranya memberikan jawaban dengan yakin seperti kerja keras, rajin, kerja cerdas, pantang menyerah, percaya diri, integritas, gigih, sabar, take action, Amati-Tiru-Modifikasi, belajar dari yang terbaik, fokus dan sebagainya.

Semua jawaban diatas benar sekali, akan tetapi mengapa mayoritas dari Anda sering gagal dalam mencapai goal/tujuan yang telah kita tetapkan sendiri, meskipun telah mempunyai strategi yang benar dan telah direncanakan secara  matang, namun pada akhirnya tetap saja gagal.

Semua hal ini disebabkan mayoritas orang tidak berani atau tidak mau menentukan harga yang harus mereka bayar atas goal mereka dengan ketetapan hati agar selalu konsisten dan komitmen untuk sebuah tujuan. Sebagian besar kegagalan Anda salah satunya adalah karena tidak melaksanakan strategi dengan disiplin, sehingga sebagus apapun rencana dan strategi Anda maka akan sia-sia apabila tidak mau membayar harga sebagaimana mestinya.

Seperti bila Anda ingin makan siang di restoran cepat saji, pertama–tama Anda harus masuk dalam garis antrian setelah itu anda harus tetap bertahan di dalam garis antrian, lalu maju  perlahan-lahan maka Anda akan sampai juga didepan kasir, Anda harus membayar terlebih dahulu makanan dan minuman yang telah Anda pilih, lalu setelah itu baru Anda dapat menikmati semuanya. Pastikan untuk selalu membayar dimuka untuk semua tujuan Anda, lalu masuk pada jalur yang benar dan tetap bertahan pada jalur tersebut, maka dapat dipastikan Anda akan mencapai tujuan Anda lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

  1. Keluar dari Zona Nyaman

Berada di Zona Nyaman memang menyenangkan, dan membuat orang betah berlama-lama di sana, tidak merasakan adanya tantangan, hambatan maupun kendala yang berarti. Semua berjalan seperti biasa, tidak ada perubahan yang signifikan, masih seperti yang dulu dan masih senang mempertahankan status qou. Tetapi itu semua hanyalah persepsi dan ekspektasi Anda saja yang dibalut angan-angan dan hal ini sungguh akan menjauhkan diri dari impian terbesar Anda.

Keadaan ini sangat bertolak belakang dengan realita sebenarnya di dunia bisnis, dimana  penuh tantangan, kegagalan, persaingan, penolakan, hambatan atau kendala, dan sering berbeda antara harapan dan kenyataan dalam mencapai tujuan di bisnis dan kehidupan. Bila Anda ingin mendapatkan kondisi NYAMAN dalam pencapaian tujuan, sepertinya kondisi nyaman ini tidak akan pernah Anda rasakan, karena Anda akan terus dituntut untuk terus berubah dalam meningkatkan pencapaian kinerja Anda.

Khususnya pada diri pribadi Anda sendiri, dimana Anda perlu terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan & kompetensi Anda terutama di bidang bisnis yang Anda geluti saat ini, tentu semua ini tidak dapat dicapai dalam semalam dan tidak ada makan siang yang gratis. Minimal Anda memerlukan antara 5 sampai 7 tahun untuk menjadi ahli di setiap bidang bisnis Anda.

  1. Pengembangan Diri

Anda perlu terus belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang bisnis dan pengembangan diri, sisihkan minimal 3% dari setahun penghasilan Anda untuk pengembangan diri melalui berbagai sumber, seperti: menghadiri seminar, internet, mengikuti pelatihan, workshop, membaca buku, mendengarkan Audio CD dan menonton DVD akan sangat bermanfaat bagi pengembangan diri Anda,

Anda juga dapat mengikuti beberapa komunitas yang dapat menunjang bisnis Anda, dengan mengikuti komunitas maka akan menambah Net Working Anda. Tetapi jika Anda sangat sibuk, sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan cara-cara pengembangan diri tersebut diatas,   memiliki seorang Business Coach atau Mentor yang mumpuni di bidangnya akan sangat membantu mempercepat tercapainya goal dibisnis Anda.

Sudahkan Anda memiliki, mengetahui serta menjalankan keempat cara diatas ? Apabila Anda telah memiliki, mengetahui serta menjalankan cara-cara tersebut, saya sangat yakin Anda pasti bisa  mencapai apa yang menjadi goal serta impian Anda selama ini, semoga sukses selalu menjadi milik Anda.   “ Take Action Now”

SEMOGA BERMANFAAT

 

Oleh :  Coach Vence Ginting, SE, MM.

Business Performance Coach (USA)

Active Coach

Jl. Bambu Kuning IV No.20 Cengkareng Barat, Jakarta Barat

Telp : (021) 5439 1003, 540 3043

Hp: 0816  864  248

Email: coachventing@gmail.com

Website: www.activecoach.co.id

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.