Kriteria Bisnis Layak Diwaralabakan

0
1962
Waralaba (dok equity-worldf.com)
Pojok Bisnis

Pada umumnya semua bisnis bisa diwaralabakan, asalkan memenuhi syarat untuk diwaralabakan. Adapun syarat-syaratanya sebagai berikut:

Pertama, usaha yang digeluti sudah berjalan minimal 5 tahun (sesuai PP No.10), sudah terbukti menguntungkan (proven) dan jelas berapa lama balik modalnya serta memiliki tingkat pendapatan omset yang stabil. Karena, kalau tidak menguntungkan dan tidak stabil, bagaimana akan memberikan keuntungan kepada orang lain, sedangkan dalam meraup keuntungan untuk diri sendiri saja kecil dari usaha yang dijalani.

Kedua, usaha yang dijalani telah dipatenkan, baik dari segi brand (merek dagang) ataupun produk (jika ada), hal ini guna menghindari masalah tuntutan hukum dari pihak lain. Untuk pengurusan paten sendiri dapat dilakukan dengan mendatangi Departemen Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) dengan biaya hanya Rp 600 ribu dan prosesnya memakan waktu 2 tahun.

Tiga, produk atau jasa yang ditawarkan memiliki keunikan atau tidak gampang ditiru, hal ini guna menghindari pelaku usaha lain menjiplak secara penuh produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Top Mortar gak takut hujan reels

Empat, memiliki SOP (Standard Operating Procedure) dan petunjuk teknis. Langkah awal membuat SOP adalah menstandarkan kualitas & kuantitas karyawan dan barang dagangan serta tempat. Setelah itu saudara susun sehingga dapat dipakai sebagai acuan bagi siapa pun yang akan membuka atau menjalankan usaha sembako dari Anda. Kami menyarankan kepada Anda untuk menggunakan jasa konsultan atau mengikuti pelatihan pembuatan SOP (bisa menghubungi redaksi). Prinsip pengambilan keuntungan bisnis waralaba adalah mengacu pada keuntungan yang umum di pasaran, misalnya untuk makanan 30%, salon 40%, travel 5-6%, sembako antara 4-6%.

Demikian penjelasan kami, mudah-mudahan Anda segera menyusun bisnis untuk diwaralabakan. Terima kasih. Salam sukses selalu.

 

Diasuh oleh: Budi Utoyo, Franchise Coach

Kompleks Perkantoran Bumi Satria Kencana

Blok B No. 04 Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang Bekasi 17144

Email: budiksr@yahoo.com

Website: www.smartentrepreneurcoaching.com

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.