Beranda Kitchen Coffee & Terrace Lounge Langganan Meeting dan Makan Siang Politikus

0
612
Beranda Kitchen (dok lulabyspoon.com)

Artistik, mungkin akan jadi kata pertama yang meluncur dari mulut siapa saja yang pertama kali datang ke Beranda Kitchen Coffee & Terrace Lounge. Karena resto bergaya vintage ini mengedepankan keunikan bangunan serta konsep interior penuh detil di dalamnya. Dilihat dari luar, bangunan megah berlantai dua ini memiliki konsep bangunan bergaya kolonial  lengkap dengan lantai semen dan jendela besar di salah satu sisinya.

Lantai satu yang merupakan ruang non smoking area, lebih mengadopsi konsep casual dining yang lebih feminin lengkap dengan deretan kursi bercorak bunga-bunga. Lantai ini juga dilengkapi private room yang mengedepankan suasana cozy dan elegan dengan fasilitas projector. Tempat ini konon sering digunakan banyak pejabat atau politisi seperti Dahlan Iskan, Agum Gumelar, dan beberapa pejabat BUMN untuk meeting atau sekadar menikmati santap siang bersama kader partai politik.

Naik ke lantai dua, ada smoking area yang mengusung suasana lebih lounge. Kesan jadul makin terasa kental dengan susunan bata ekspos yang hanya dicat putih, memberi kesan raw namun tetap unik. Di lantai ini juga terdapat mini bar bergaya minimalis dan teras yang menyerupai balkon, sehingga pelanggan pun dapat duduk santai sambil menikmati secangkir kopi di atas sofa table yang sangat nyaman. So homey!

Menu Gold Standard.

Keunggulan resto yang rebrand pada tahun 2012 ini lebih menomorsatukan kepuasan pelanggan serta kualitas produk yang akan disajikan. Sehingga mampu memenuhi selera pelanggan yang kebanyakan berasal dari masyarakat menengah ke atas. Selain memberikan service yang baik, menu-menu yang disajikan pun harus memenuhi gold standard, dari segi kualitas, porsi serta rasa.

Urusan menu, Beranda Kitchen Coffee & Terrace Lounge menyediakan berbagai pilihan menu khas kuliner Melayu Medan seperti Nasi Paru Balado, Sop Buntut Beranda, Kakap Merah Sambal Matah, Nasi Goreng Buntut, Asem-Asem Buntut, Tekwan, Soto Medan, Lontong Medan, Roti Jala Kari Ayam, Roti Jala Kari Kambing, Sayur Ubi Tumbuk, Tumis Bunga Papaya, Keripik Kentang Balado, Teri Sibolga, Paru Balado dan Ikan Sale Balado. Selain menu khas Melayu, juga ditawarkan hidangan Western seperti Asiatic Calamari, Breaded Mushroom, Nachos, Chicken Wing, Potato Wedges Cheese Melt, Mom’s Potato, Ozz Steak Bites dan Beranda Beef Burger. Range harga yang ditawarkan mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 165 ribu per porsi.

Set Menu Gulai Ikan Sale merupakan menu favorit para pejabat yang datang. Ikan Sale merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hanya berkembang di perairan Tapanuli Selatan dan sekilas mirip ikan lele. Ikan Sale yang didatangkan dari daerah setempat ini tersaji dalam bentuk  asap (smoked), baru kemudian dicampurkan dengan guyuran kuah gulai yang kental. Tentu, menu Gulai Ikan Sale ini tak dihidangkan sendiri, tapi bersanding mesra dengan nasi putih, Tumis Bunga Pepaya, Teri Kacang Balado, dan sambal.

Saat sepotong Gulai Ikan Sale singgah di dalam mulut, hmm.. tekstur ikan terasa sedikit alot namun masih mudah dikunyah. Rasanya pun gurih dan terdapat aroma khas ikan asap yang muncul dari permukaan. Aroma wangi ikan asap cukup santer di hidung karena dalam proses pengasapannya menggunakan arang dari batang pepohonan buah, tapi mampu menepis aroma amis khas ikan. Kolaborasi dari ikan dan kuah gulai kental ini benar-benar kaya rempah. Enak banget!

Begitu juga dengan pelengkap Tumis Bunga Papaya dan Teri Kacang Balado. Meski disajikan dalam porsi kecil, namun cita rasa yang tersaji cukup membuat sajian satu ini kian komplit dan semarak. Teri Balado-nya benar-benar terasa garing dan gurih, dan Tumis Bunga Papaya yang dibuat dari irisan cabai keriting hijau, cabai merah keriting, tekokak atau leunca, pete, dan udang yang ditumis bersama ini pun terasa segar, pedas, dan sedikit getir khas bunga pepaya. Pokoknya kalau soal rasa secara keseluruhan, dijamin mantap dan membuat lidah bergoyang. Nyamm..nyam..

Menu lain yang tak kalah favoritnya adalah Nasi Paru Balado. Cita rasa paru setebal 5 inci ini terasa garing seperti Daging Dendeng dan memiliki aroma lengkuas yang tajam. Akan lebih memacu nafsu makan Anda, saat dicocol bersama sambal dari campuran cabai merah, bawang putih yang di-blend kasar dan ditumis hingga harum. Sebagai side dish, ada Spinach Fried yang dibuat dari daun bayam berbalut tepung yang digoreng kering bersama chicken powder. Kreyes..kresyees.. Makyos!

Adapun menu minuman yang dapat Anda pesan antara lain Es Campur Medan, Es Timun Serut, Es Beranda, Fresh Honeydew, Fresh Kiwi, Fresh Orange, Guava, Lime, Lemon, Ice Choco Mint, Hazelnut Latte, Vanilla Latte, Café Mocha, Hot Café Latte, Espresso, Macchiato, Piccolo, Hot Cappuccino, Ice Cappuccino, dan masih banyak menu lain.

Beranda Kitchen Coffee & Terrace Lounge buka setiap hari dengan waktu buka bervariasi. Senin hingga Kamis, mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB, Jumat pukul 10.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dan hari Sabtu-Minggu pukul 08.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. Terkesan dengan cita rasa khas Melayu-Medan yang ngangenin? Buruan sambangi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.