Memilih Media Promosi yang Tepat

0
828

Dalam menjalankan sebuah usaha, promosi adalah hal mutlak yang perlu dijalankan. Karena bila promosi tidak dilibatkan maka tidak mungkin usaha yang dijalankan akan dikenal luas masyarakat. Banyak cara promosi yang dapat dilakukan baik melalui brosur, iklan di media cetak elektronik hingga internet.

Nah jika Anda memiliki tujuan mengembangkan usaha ke berbagai daerah, tentu jika hanya mengandalkan sebar brosur, lingkupnya sangat terbatas. Maka alternatif lainnya adalah berpromosi melalui iklan di media cetak yang memiliki jaringan luas ke seluruh Indonesia, melalui media elektonik maupun internet yang saat ini sudah sangat familiar di masyarakat terutama untuk mereka yang tinggal di perkotaan. .

Dengan memilih berpromosi di ketiga media ini jangkauannya tentu lebih luas sehingga pesan yang akan Anda sampaikan, baik itu meningkatkan penjualan maupun menjaring banyak Mitra bisa terealisasi dan diterima oleh masyaraakt di berbagai daerah.

Misal saja beriklan di media cetak yang beredar nasional tentu semakin banyak orang yang membaca pesan yang Anda sampaikan melalui iklan di media cetak tersebut. Misal saja media A yang dibeli oleh satu orang, biasanya akan dibaca 3-4 orang atau lebih, maka bisa dihitung berapa orang yang akan melihat iklan yang Anda pasang dimedia cetak tersebut.

Begitu juga dengan media elekronik, hanya saja durasi iklan di televisi lebih cepat dan biaya yang tinggi, sedangkan radio lebih terjangkau, tapi tak semua orang mendengar radio. Sedangkan untuk beriklan di internet dianggap memiliki prospek yang bagus ke depan, karena tren masyarakat makin gadget minded.

Jika sasaran Anda adalah anak muda, tepat karena sebagain pengguna gadget adalah anak muda. Namun jika sasaran Anda adalah orangtua yang lebih matang yang memiliki modal cukup untuk usaha rasanya saat ini belum terlalu banyak orangtua yang melek internet. Meskipun ada, mungkin masih di kota besar dan jumlahnya belum terlalu banyak apalagi di daerah.

Ada yang menarik dengan beriklan di media cetak, elektonik dan internet adalah selain menjangkau lebih luas, brand usaha yang Anda tawarkan pun akan semakin dikenal oleh masyarakat. Pasalnya akan semakin banyak orang yang melihat usaha yang Anda tawarkan melalui iklan di media tersebut.

Sebagai pengusaha yang ingin mengembangkan usaha ke berbagai daerah, apalagi yang baru akan membangun brand. Pantang untuk melakukan penipuan atas iklan yang dipasang. Jika Anda tujuannya adalah mengeruk keuntungan dengan cara penipuan, jangan harap brand yang Anda bangun akan berkembang, yang ada, brand Anda tidak akan dipercaya lagi oleh masyarakat dan itu akan memberikan dampak negatif untuk Anda.

Selain itu, pantang juga jika Anda memberikan informasi yang berlebihan padahal faktanya tidak seperti itu karena hasilnya akan sama dengan Anda membohongi para konsumen dan juga calon mitra usaha Anda. Berikan saja informasi usaha yang sebenarnya, namun pada point keunggulan usaha harus Anda tonjolkan karena hal tersebut yang merupakan daya tarik dan jualan dari usaha yang Anda jalankan.

Saat beriklan di media, alangkah menariknya jika sesuai dengan materi yang dikeluarkan oleh sebuah media cetak. Tetapi meskipun tidak sesuai dengan materi media cetak tersebut tidak berpengaruh buruk dalam memberikan informasi. Terlebih jika informasi tersebut mengenai pelayanan dan fasilitas sebuah brand misalnya seperti informasi waralaba serta media-media yang memberikan informasi untuk para masyarakat yang gemar dengan wawasan karena membaca.

Diasuh oleh: Mada Azhari

Pengamat Marketing, dan Praktisi Usaha Waralaba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.