Ini Dia Penyebab Rambut Rontok

0
714
Pojok Bisnis

Rambut adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang penampilan baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, rambut harus senantiasa dijaga tetap sehat.

Menurut dr. Gloria Novelita Sp.KK, rambut sehat itu berkilau, ujungnya rata dan tidak bercabang, serta kuat sehingga tidak mudah rontok.

“Secara medis dapat dijelaskan alasan mengapa rambut sehat harus berkilau. Batang rambut bersinar ketika terkena sinar matahari karena permukaannya rata sehingga bisa memantulkan sinar matahari dengan sempurna,” tutur dr. Grace di acara Ellips Hair Vitamin, di Jakarta.

Menurutnya struktur rambut terdiri atas kutikula, korteks, dan medula. Kutikula bentuknya seperti sisik yang bertumpuk, bertujuan untuk melapisi korteks.

Top Mortar gak takut hujan reels

Korteks adalah bagian penting rambut uamg berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatannya. Korteks
juga mengandung serat dan pigmen warna rambut. Kesehatan korteks tergantung dari kutikula.

Batang rambut dilindungi kutikula. Kutikula tidak boleh terbuka karena bisa menyebabkan korteks terpapar langsung polusi dan sinar matahari sehingga membuatnya mudah rusak.

Penyebab lain kerusakan kutikula adalah penggunaan catok, hair dryer, alat curling dan sebagainya.

Panas yang dihasilkan alat hair styling akan menigkatkan suhu air yang ada di akar rambut. Panas yang tiba-tiba membuat air di akar rambut berubah menjadi uap dan terbentuk gelembung-gelembung dengan tekanan tinggi di batang rambut. Rambut pun menjadi rapuh dan mudah patah.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.