3 Hal yang Membuat Perusahaan Besar Berlomba Mengakuisisi Startup

0
382
Ilustrasi Startup. (Flickr)

Berempat.com – Dewasa ini kerap terdengar bagaimana sebuah perusahaan besar memilih mengakuisisi perusahaan rintisan (startup). Maraknya fenomena tersebut tentu membuat kita jadi bertanya; mengapa perusahaan besar mau mengakuisisi startup yang bahkan belum bisa mendatangkan untung. Padahal, kalau mau perusahaan besar yang punya modal banyak tak sulit untuk membangun startup-nya sendiri.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Berempat.com menelusuri berbagai sumber sampai kemudian menyimpulkan bahwa ada 3 hal yang membuat perusahaan besar mau mengakuisisi startup.

  1. Mendapat tim terbaik

Membuat perusahaan bukan hal sulit bagi sebuah holding company, namun yang jauh lebih sulit ialah mendapatkan tim yang tepat. Hal inilah yang dikejar oleh perusahaan besar ketika mendapati ada startup yang menjanjikan. Sebab dengan mengakuisisi sebuah startup, maka perusahaan besar tersebut otomatis akan memiliki tim-tim terbaik.

Itulah mengapa, saat akuisisi peerusahaan berlangsung, para manajerial atasnya tak didepak, melainkan dimasukkan ke bagian tim strategis.

2. Tak perlu memulai dari nol

Keuntungan yang diambil oleh perusahaan besar ketika mengakuisisi sebuah startup ialah tak perlu lagi memulai dari nol. Tentulah banyak pertimbangan yang diambil bagi sebuah perusahaan sebelum mengakuisisi sebuah startup, seperti kondisi pasar dalam 5-10 tahun ke depan, tim yang dimiliki, sistem yang berjalan, serta konsumen yang sudah ada.

Itulah mengapa mengakuisisi sebuah startup juga bisa dibilang sebagai cara instan perusahaan besar dalam memulai bisnis baru.

3. Startup lebih inovatif

Umumnya, startup merupakan perusahaan yang inovatif sebab selalu menghadirkan produk atau jasa sebagai solusi dari permasalahan masyarakat luas. Ini juga menjadi poin lebih mengapa perusahaan besar memilih mengakuisisi startup. Startup juga dikenal memiliki budaya kerja yang fleksibel dan menyenangkan sehingga mampu mendorong talenta muda untuk terus berpikir hal-hal baru.

3 hal inilah yang menjadi dasar utama mengapa banyak perusahaan besar memiliki mengakuisisi startup menurut Berempat.com. Kendati demikian pastinya masih banyak hal yang mendorong perusahaan besar mau mengakuisisi startup. Yang pasti, saat ini startup sudah begitu menjamur dan hadir dengan ragam produk dan jasa yang revolusioner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.