Tips bagi Generasi Millennial agar Bisa Bersaing di Cepatnya Perubahan Zaman

0
137
Ilustrasi generasi millennial. (Pexels.com/Helena Lopes)

Berempat.com – Makin ke sini tentu kita menyadari bahwa kemunculan teknologi membawa generasi milenial berada di perubahan zaman yang begitu cepat. Lihat saja, berbagai teknologi baru terus bermunculan yang berdampak pada berbagai perubahan, mulai dari sosial, perilaku individu, peluang, hingga persaingan.

Untuk bisa bersaing, tentu generasi milenial perlu memiliki sebuah acuan atau pedoman. Dalam hal ini, Meneri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri sempat mengungkapkan tips bagi generasi milenial agar bisa bersaing di cepatnya perubahan zaman.

Bagi Hanif, agar bisa bersaing generasi milenial perlu memiliki 3 hal penting, yakni keterampilan yang unggul, berinovasi, dan tampil di atas rata-rata.

“Pengetahuan, kekuatan Ide-ide kreatif dan inovasi yang revolusioner adalah keterampilan mendasar yang harus dimiliki dalam dunia kerja di masa mendatang,” tutur Hanif dalam keterangan resminya, Rabu (26/9).

Hanif berpendapat bahwa berbagai pekerjaan di masa depan akan lahir dalam suatu Ekonomi Inovasi. Ekonomi Inovasi ini memiliki 4 sarana fundamental, yakni IT dan Jaringan, Bioteknologi, serta Nanoteknologi dan Neuroteknologi.

“Jenis-jenis pekerjaan di masa depan bagi para milennials akan lebih membutuhkan keterampilan canggih, pendidikan tinggi, dan pelatihan teknologi high-level, “ ujar Hanif.

Hanif sempat menyinggung hasil riset McKinsey Global Institute Tahun 2012 lalu yang memprediksi Indonesia akan menjadi salah satu negara ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada 2030 mendatang.

“10 tahun ke depan pasar kerja Indonesia akan diisi oleh generasi milenial yang jumlahnya lebih dari 100 juta orang. Oleh karena itu, generasi muda harus disiapkan keterampilan yang berhubungan dengan kecepatan, kompleksitas, resiko, perubahan dan kejutan,” tutur Hanif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here