Ratusan Pilot Menganggur, Industri Helicity Diharapkan Dapat Menjadi Solusi

0
941
Pojok Bisnis

Berempat.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa industri dirgantara di Indonesia belum mampu secara maksimal menyerap lulusan pilot. Sebab, rupanya sampai saat ini terdapat ratusan pilot yang menganggur lantaran belum mendapat kesempatan terbang semenjak lulus dari akademi.

“Sekarang ini mungkin masih ada sekitar 700-800 (pilot yang belum terserap) dan kita sedang menyekolahkan lagi di (STPI) Curug, itu kira-kira setahun 200 (orang). Jadi dari 700 itu kita serap lagi supaya mereka punya kualifikasi yang lebih (baik) lagi,” papar Budi usai membuka Rotary Wing Indonesia Conference 2018 di JW Marriott, Jakarta, Rabu (26/9).

Untuk itu, saat membuka konferensi yang merupakan rangkaian acara pameran internasional Rotary Wing Indonesia Airshow & Summit 2019 tersebut, Budi sempat mengungkapkan harapannya agar industri helicopter city transportation (helicity) atau taksi udara ini dapat berkembang sehingga mampu menyerap lebih banyak pilot.

Sebab itu pula, Budi meminta kepada Asosiasi Pilot Helikopter Indonesia (APHI) agar mau lebih terbuka kepada para lulusan pilot. Keterbukaan yang diharapkan Budi seperti memberikan pelatihan dalam pengoperasioan helikopter.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Jadi saya harap asosiasi pilot ini mau membuka diri bagi mereka-mereka yang mau belajar untuk memberikan kesempatan,” harapnya.

Di samping itu, Budi sempat mengungkapkan bahwa di Indonesia saat ini tercatat sekitar 29 perusahaan yang mengoperasikan helikopter non-militer sebagai taksi udara. “Saat ini tercatat 29 perusahaan yang mengoperasikan helikopter, di mana saat ini beroperasi di udara Jakarta dan sekitarnya 12, dan yang khusus mengoperasikan di kawasan Jakarta itu hanya 1,” imbuhnya.

Budi sendiri tak menampik bahwa industri ini akan semakin besar seiring dengan makin dibutuhkannya transportasi udara sebagai alternatif dari kepadatan lalu lintas darat. Ia pun mengapresiasi adanya Rotary Wing Indonesia Conference 2018 sebagai ajang untuk berbagi ide dan gagasan para pemangku kepentingan dan pihak terkait di industri ini.

“Saya memiliki pengalaman saat Presiden (Joko Widodo) ingin mengunjungi satu kota di ujung Maluku yang hanya dengan helikopter kita bisa mencapai tempat-tempat itu. Dan dengan helikopter waktu yang kita gunakan, prosesnya itu begitu fleksibel karena kemampuan helikopter bisa terbang ke mana-mana dengan landasan yang minimal,” kisah Budi.

Dan sebagai bentuk dukungannya, Budi memastikan bahwa saat ini pihaknya bersama Airnav untuk mengkaji terkait regulasi transportasi helikopter. Budi pun mengungkapkan bahwa Jakarta akan menjadi prioritas utama dalam hal ketersediaan regulasi yang jelas sehingga industri taksi udara ini dapat berjalan dengan mulus.

“Yang paling penting dulu memang Jakarta karena Jakarta ini traffic-nya luar biasa, jaraknya cukup jauh, nah ini yang kita prioritaskan. Jakarta sebagai model. Kalo jakarta sudah selesai dengan suatu cara yang baik dan safety baru kita akan ke kota-kota yang lain,” ungkapnya.

Sebelumnya, Chairman CSE Aviation Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim pun meminta agar pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dapat segera menyusun regulasi yang konkret. Pasalnya, kalau tak benar-benar serius Indonesia dapat tertinggal dari negara lain karena ketidaksiapan aturan saat transportasi ini sudah menjadi kebutuhan yang masif.

“Sehingga kalo kita tidak bisa atau terlambat mengantisipasi hal ini, maka we will late. Dan saya percaya kita tak ingin itu terjadi,” ujar Chappy pada kesempatan yang sama.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.