4 Hal Ini Penting Diteliti Sebelum Memilih Asuransi Kendaraan

0
284
Ilustrasi kerusakan pada mobil. (Dok. Warta Kota)

Berempat.com – Kecelakaan atau musibah lain ketika berkendara merupakan sesuatu yang tak bisa kita prediksi kapan akan terjadi. Sekalipun sudah berusaha untuk menghindari, namun kecelakaan-kecelakaan kecil bisa saja tetap terjadi. Tak sengaja menyerempetkan mobil ke pagar rumah sendiri misalnya, menjadi salah satu contoh kecelakaan kecil yang cukup merugikan.

Karena itu, asuransi kendaraan menjadi hal penting untuk dimiliki oleh pemilik kendaraan. Tak terkecuali bagi kendaraan roda dua. Selain kecelakaan, risiko kehilangan jelas sangat mungkin terjadi.

Namun, sebelum memilih asuransi kendaraan, tentu ada hal-hal penting yang harus Anda teliti lebih dulu. Khususnya bagi perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Karena bila asal-asalan, yang ada justru Anda kena batunya sendiri. Mulai dari klaim yang sulit sampai jenis kecelakaan tertentu yang justru tak terkaver bisa menjadi sandungan Anda di depan.

Lantas, apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih asuransi kendaraan?

  1. Reputasi Perusahaan

Reputasi perusahaan asuransi menjadi hal pertama yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda memilih perusahaan asuransi dengan reputasi pelayanan yang buruk. Terutama soal urusan penanganan klaim, apakah dapat cair dalam waktu cepat atau justru butuh waktu lama.

Bila perlu, periksa seluruh jaringan cabang perusahaan asuransi tersebut, mitra bengkel dan sebagainya.

2. Nilai Lebih Perusahaan

Tentunya perusahaan asuransi yang bagus adalah perusahaan yang menawarkan kelebihan dibanding perusahaan sejenisnya. Sebagai calon pengguna, Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi kelebihan sebuah perusahaan asuransi.

Saat ini sejatinya ada ragam kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, seperti kemudahan proses klaim lewat ponsel dan lain sebagainya.

3. Ketahui Jenis Asuransi yang Dibutuhkan

Memutuskan menggunakan asuransi berarti Anda sudah bersedia untuk membayar sejumlah angsuran atau premi setiap bulannya. Agar uang yang Anda keluarkan tak sia-sia, pastikan Anda mengetahui jenis asuransi yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda memilih asuransi dengan jaminan yang justru tak dibutuhkan.

4. Pahami Apa Saja yang Dijaminkan dan yang Tidak

Sebelum Anda memilih suatu jenis asuransi, jangan sungkan untuk bertanya apa saja yang masuk dalam jaminan asuransi tersebut dan apa yang tidak. Untuk hal ini Anda jangan mengandalkan keterangan yang tertera pada lembaran asuransi, tetapi lebih baik tanyakan saja dan minta penjelasan panjang lebar agar semuanya jelas.

Jangan sampai nantinya justru Anda tak bisa mengklaim asuransi setelah kecelakaan terjadi lantaran jenis kerusakan tak masuk dalam kategori yang terjamin.

Memutuskan untuk membeli asuransi kendaraan memang menjadi hal penting saat ini. Sebab musibah bisa kapan saja terjadi. Tapi, tak kalah penting bagi Anda untuk kritis dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan. Sebab bila salah pilih, yang semula niatnya mencari aman dan untung justru bisa-bisa malah menjadi makin buntung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.