12 Aktivitas agar Lebih Produktif pada Hari Senin

(Ilustrasi: pexels/ Andrea Piacquadio)

Jakarta – Banyak orang menyambut hari Senin dengan lesu. Beban pekerjaan yang menumpuk menghantui pikiran. Sejurus kemudian semangat menjadi melemah.

Orang-orang sukses seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan CEO Apple Tim Cook tak pernah menyiakan awal pekan untuk menggapai keberhasilannya saat ini. Memang, kemampuan dan kerja keras seringkali menjadi kunci pintu kesuksesan.

Selain bekerja keras, berikut 12 kebiasaan orang sukses dalam menghadapi hari Senin:

  1. Bangun lebih pagi

Tak dapat disangkal, satu-satunya cara untuk memperoleh banyak waktu di hari Senin adalah dengan bangun lebih awal. Seringkali setelah melalui dua hari libur akhir pekan, bangun pagi memang agak sulit. Maka paksalah tubuh Anda untuk bangun lebih awal.

Dengan waktu yang lebih banyak di pagi hari, Anda bisa langsung mempersiapkan diri untuk bekerja atau melakukan hal lain yang sifatnya lebih pribadi. Anda bisa sarapan dan berolahraga serta kegiatan menyenangkan lainnya guna meningkatkan semangat bekerja di awal pekan.

  1. Bersyukur

Perasaan malas tampak telah menjadi makanan sehari-hari di minggu pagi. Bagaimana tidak, dua hari libur yang menyenangkan telah berakhir dan Anda harus kembali bekerja. Berbeda dengan yang lainnya, orang-orang sukses selalu bersyukur dan bahagia atas apapun yang telah dicapanya.

Bahkan jika Anda masih berstatus pegawai biasa, peluang-peluang yang datang saat berkarir juga menjadi hal yang patut disyukuri. Saat malas pergi ke kantor di hari Senin, ingatlah sebagian lain bahkan tidak memiliki pekerjaan.

  1. Merencanakan aktivitas kerja selama sepekan

Mayoritas orang menghabiskan waktunya di pagi hari dengan mengeluh. Andai saja ini bukan hari Senin, setidaknya itu yang sering diucapkan banyak pegawai sebelum berangkat ke kantor.

Daripada mengeluh, orang-orang sukses memanfaatkan waktu di pagi hari untuk menetapkan prioritas pekerjaan selama seminggu. Setelah itu para peraih keberhasilan ini menyusun jadwal kegiatan kerja sesuai dengan prioritas tersebut.

  1. Merencanakan hal menyenangkan

Selain membuat rencana kerja, jangan lupa menyelipkan hal menyenangkan ke dalam agenda. Untuk membawa nuansa kebahagiaan, mengapa tidak merencanakan hal-hal menyenangkan untuk hari-hari Anda?

Misalnya, merencanakan pergi ke kedai kopi untuk membeli menu minuman kesukaan Anda setelah jam kerja atau menonton serial kesukaan.

Apa pun aktivitasnya, memikirkan tentang hal menyenangkan bisa membuat Anda lebih siap menghadapi Senin dan hari-hari setelahnya dan membuat awal pekan tidak lagi begitu menyebalkan.

  1. Jangan cek email dan media sosial di pagi hari

Benar adanya bahwa mengecek email pada Senin pagi bisa membuat Anda mengejar ketinggalan setelah libur selama dua hari. Akan tetapi, Senin bukan satu-satunya waktu yang tepat untuk mengecek email dalam seminggu. Bagi orang sukses, menghabiskan beberapa jam pertama di awal pekan hanya untuk menjawab email dapat berarti menyia-nyiakan waktu yang berharga. Dengan waktu tersebut, biasanya berbagai prioritas kerja dapat dituntaskan.

Hal yang sama juga berlaku untuk media sosial. Berselancar di media sosial pada Senin pagi hanya buang waktu dan akan menguras energi dan emosi Anda.

  1. Olahraga

Meskipun bekerja setiap hari, tetapi rasa jenuh tak pernah berhenti hinggap di Senin pagi. Hal ini karena dalam benak Anda sepekan dengan berbagai tumpukan pekerjaan sudah di depan mata. Kondisi tersebut membuat anda enggan melakukan apapun sebelum berangkat kerja.

Sementara bagi orang sukses, mengawali hari Senin dengan berolahraga dapat membuat pagi lebih ceria. Keceriaan tersebut yang kemudian menjadi tameng dalam menghadapi berbagai kejenuhan di awal pekan.

  1. Sarapan

Ini mungkin terlihat sepele, tetapi banyak orang melewatkan sarapan.

Padahal, menurut terapis nutrisi sekaligus co-author Intuitive Eating and author of The Intuitive Eating Workbook for Teens, Elyse Resch, RDN, sarapan seimbang yang cukup mengisi perut dapat membuat tubuh kenyang sepanjang hari.

Menurut sebuah ulasan di International Journal of Gastronomy and Food Science, selain mencegah kelaparan, sarapan juga dapat meningkatkan suasana hati.

Usahakan mengonsumsi 15-25 persen dari total kalori harian Anda saat sarapan.

Ketahui pula makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan.

  1. Memakai pakaian yang membangkitkan mood

Menurut pendiri Fashion Psychology Institute di New York City, pakaian bisa menjadi cara untuk menangkal emosi-emosi negatif.

Untuk membuat mood atau suasana hatimu meningkat, pilihlah warna-warna terang, bahan atau motif kesukaan Anda, atau merek kesukaan Anda.

Lebih baik lagi jika memilih pakaian yang akan digunakan pada malam sebelumnya sehingga Anda lebih siap pada Senin pagi.

  1. Berjemur

Memulai Senin dengan mendapatkan paparan sinar matahari bisa membantu Anda untuk lebih semangat, sama halnya seperti minum segelas kopi.

Menurut sebuah penelitian tahun 2018 yang dipublikasikan melalui Journal of Positive Psychology, keluar dan bertemu dengan alam, meski hanya sekitar lima menit, bisa memberi suntikan kebahagiaan untuk diri kita.

Jika tidak bisa keluar rumah pada pagi hari, memindahkan meja kerja ke samping jendela atau mengecat dinding dengan warna cerah juga bisa sedikit membantu.

  1. Menciptakan ritual pagi hari

Menurut pendiri dan direktur eksekutif Cira Center for Behavioral Health di Chicago, Colleen D Cira, PsyD, otak kita menyukai rutinitas.

Selain itu, semakin sedikit yang harus dikerjakan oleh otak, maka kita akan lebih bahagia.

“Rutinitas juga merupakan cara yang baik untuk menyimpan energi kita untuk momen-momen berat di hari itu dan memberikan diri kita waktu untuk sendiri,” katanya.

Rutinitas tersebut bisa sesederhana menyeduh secangkir kopi, meditasi, berjalan kaki keliling perumahan, atau lainnya.

Memiliki sedikit rutinitas menyenangkan akan membuat Senin Anda terasa tidak terlalu menegangkan dan lebih positif.

  1. Melakukan kebaikan acak

Sebuah penelitian tahun 2018 yang dipublikasikan melalui Journal of Social Psychology menemukan bahwa mempraktikkan kebaikan selama tujuh hari bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan emosional seseorang.

Namun, bahkan melakukan satu kebaikan pun bisa membuat Anda merasa lebih nyaman.

Jadi, saat memulai hari, carilah cara untuk mempraktikkan kebaikan secara acak, seperti menyapa tetangga atau Pak Satpam kantor Anda. Anda juga bisa membantu membukakan pintu minimarket untuk pelanggan lain saat Anda mampir sebentar untuk membeli air mineral.

Apa pun itu, cobalah melakukannya dan kamu mungkin akan merasakan sedikit kebahagiaan pada Senin pagimu.

  1. Jangan bekerja di hari libur

Melewati hari Senin dengan ceria nyaris tak mungkin digapai tanpa akhir pekan yang menyenangkan. Bekerja memang sangat penting jika Anda ingin sukses, tetapi hindarilah untuk melakukannya di akhir pekan.

Tengok saja, orang sukses biasanya menjadikan akhir pekan sebagai waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Libur akhir pekan menjadi waktu terbaik untuk menenangkan pikiran dari kejenuhan bekerja.