Magnet Agar Pelanggan Loyal Saat Pandemi

0
9

Bagaimana supaya produk yang kita jual dicari dan selalu diingat konsumen?  Perasaan atau emosi mulai dari senang, sedih, terkejut bisa kita munculkan ketika konsumen merasakan atau menikmati produk kita. Produsen harus bisa memunculkan perasaan tertentu kepada konsumen terhadap sebuah produk, dan biasanya perasaan  yang ingin dimunculkan adalah perasaan senang.

Bambang Wahyu Febbyanto, CEO Sacita Community and Product Development mengatakan produsen harus bisa memetakan perasaan apa saja yang dihadapi konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Setelah dipetakan, harus dicari apa saja keluhan konsumen terhadap produk kita, misalnya antrian panjang  maka produsen harus membuat pelayanan kasir yang mempersingkat waktu atau antrian kasir yang baru. Perasaan sedih harus diubah menjadi menyenangkan, dan perasaan menyenangkan dibuat lebih menyenangkan lagi.

Kita harus bisa mengenal segmentasi pasar produk kita dan membangun hubungan  dengan konsumen. Kita membangun interaksi dengan konsumen misalnya menyapa konsumen sesuai  tipe konsumen, sebagai contoh Wulan lebih nyaman saat disapa dengan panggilan Ibu. Susanne lebih nyaman saat disapa dengan panggilan Jeng.

Ada beberapa saluran pemasaran digital untuk UMKM sbb:

  1. Instagram cocok digunakan untuk promosi pemasaran produk yang digemari millenial. Buatlah konten di instagram story sesuai market kalangan milenial. Produk yang diiklankan harus dikemas sesuai yang diminati anak-anak muda.
  2. Youtube untuk menyasar konsumen yang suka melihat youtube dengan membuat tutorial penggunaan produk. Di Indonesia, penggunaan youtube sangat banyak khususnya konten tutorial yang efektif untuk promosi produk.
  3. Facebook Ads , segmennya orang dewasa.
  4. WhatsApp Business bisa digunakan untuk memasang katalog produk kita dan bisa langsung melakukan closing. Produsen bisa share produk baru dan promo produk. Di WhatsApp Business produsen juga bisa merekomendasikan  yang bisa dipersonalisasi untuk pelanggan berdasarkan produk yang mereka lihat. Selain itu bisa mengirim pemberitahuan (konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman) kepada pelanggan  setelah mereka melakukan pemesanan.
  5. LINE Ads biasanya berbayar kalau ingin namanya sesuai usaha kita. Namun bisa juga menggunakan yang gratis tapi nama di LINE Ads akan acak sehingga sulit bagi konsumen untuk mengingat nama LINE Ads yang kita buat.

Tips interaksi dengan konsumen misalnya dengan memiliki akun- akun instagram konsumen dan memberikan komentar atau apresiasi terhadap instagram konsumen dengan like atau suka. Ini bagus untuk membangun hubungan dengan konsumen. Selain apresiasi terhadap postingan konsumen, juga bisa membangun interaksi lain misalnya mengetahui tanggal ulang tahunnya  dan memberikan selamat saat konsumen ulang tahun.  Kita juga harus sering membuat promo baru dan inovasi, diimbangi dengan produk yang memuaskan. Selain itu kita perlu mengasumsikan di awal tipe konsumen kita itu seperti apa dan cara kita memperlakukan konsumen seperti apa. Setelah itu lakukan evaluasi untuk perbaikan.

Untuk bisa memperkenalkan produk ke publik secara digital dengan cepat, sebaiknya gunakan caption-caption yang menarik dan sesuai dengan segmentasi market produk, disertai foto atau video yang menarik yang membuat orang mau berkomentar atau melihatnya. Selain foto dan caption yang menarik, penggunaan media juga harus tepat dimana platform yang digunakan sesuai dengan segmentasi market. Kita juga harus membangun awareness dulu supaya publik lebih mengenal produk kita.

Untuk promosi menggunakan influencer  bisa memakai jasa teman-teman sekitar kita yang engagement instagram atau medsosnya tinggi. Ini dilakukan untuk meminimalisir biaya promosi dengan influencer. Selain itu jangan salah memakai influencer, harus menyesuaikan produk atau segmentasinya.

Untuk produk yang siklus atau kadaluwarsanya cepat sebaiknya buatlah sistem pre order (PO). Produk yang tahan lama pasti membutuhkan modal sangat besar untuk bisa stok dalam jumlah besar. PO bisa digunakan untuk menyiasati hal itu. Produsen harus mengemas produk PO menjadi ekslusif.