Mengembangkan Bisnis Bordir Komputer

0
11

Apa baiknya melakukan dulu analisis SWOT yaitu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Jawab secara spesifik keempat unsur SWOT tersebut sesuai bisnis Anda. Analisis ini akan membantu Anda untuk mendapatkan gambaran yang spesifik tetang usaha yang telah Anda jalankan ini.

Analisis ini juga meliputi evaluasi dan pemetaan terhadap diri sendiri secara jujur dan apa adanya. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah selama ini keadaan usaha telah sejalan dengan kondisi dan obsesi Anda atau malah sebaliknya.

Langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan dan cita-cita usaha. Proyeksikan usaha Anda untuk lima tahun ke depan. Apakah Anda ingin maju 2 kali lipat, 4 kali lipat atau Anda justru ingin tetap statis dan datar-datar saja seperti keadaan yang sekarang. Tetapkan sampai ke mana usaha Anda mau dibawa. Jika Anda ingin usaha Anda berubah meningkat, maka Anda harus berani profeional. Profesionalisme usaha Anda akan terlihat dari keseriusan Anda menambah jumlah modal, peralatan usaha dan personel serta jumlah divisi usaha untuk bisnis Anda. Dapatkan orang-orang yang terbaik untuk karyawan Anda. Kesanggupan Anda untuk profesional tentunya kembali lagi ke keseriusan diri Anda untuk meningkatkan usaha tersebut.

Namun ada satu hal yang perlu diingat bahwa keinginan Anda untuk melakukan perubahan di saat usaha Anda telah berjalan selama 20 tahun, tidaklah menuntut semua unsur harus berubah. Namun jika Anda memiliki ciri khas dari produk atau usaha yang memiliki nilai lebih dari usaha lain, maka hal-hal seperti ini juga perlu dipertahankan. Selamat mengembangkan usaha!

 

Oleh: Bambang Wahyu Purnomo

Pengamat Bisnis

Email: b_wahyu­_purnomo@yahoo.com