Trik Selamat dari Kebangkrutan

0
1
Alasan sukses (dok 168solution.com)

Usaha toko busana muslim dan aksesoris pelengkapnya sebenarnya memiliki prospek yang bagus karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim.  Jadi jika dikelola dengan baik dan benar maka toko busana muslim Anda akan menjadi sebuah usaha yang memberikan hasil.

Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda jalankan:

  • Komunikasikan Toko Anda. Buatkan komunikasi yang menarik tentang toko Anda. Komunikasikan ke masyarakat luas di sekitar toko agar mereka kembali aware bahwa toko busana muslim Anda masih ada. Anda dapat melakukannya melalui berbagai cara, antara lain dengan membagi brosur/flyer, memasang spanduk/banner, beriklan di majalah komunitas atau koran lokal.
  • Tampilan Toko yang Menarik. Supaya orang yang lewat toko menjadi tertarik maka Anda harus membuat tampilan toko yang bagus. Tujuannya adalah supaya orang terdorong untuk masuk ke toko Anda. Pasanglah beberapa boneka pajangan/manequeen yang memperlihatkan beberapa koleksi busana muslim yang dijual. Pajanglah beberapa jenis busana muslim, mulai dari busana muslim dewasa, remaja dan anak-anak agar calon pembeli tahu bahwa toko Anda menjual busana muslim untuk berbagai usia. Tampilan toko sebaiknya diubah secara berkala agar tidak terlihat membosankan.
  • Jual Busana muslim di Komunitas. Agar penjualan busana muslim dapat lebih cepat, Anda bisa datang di komunitas/kelompok tertentu yang sedang mengadakan acara arisan, pengajian, dan lain-lain, – untuk memperkenalkan produk busana muslim yang Anda jual.
  • Ikut Pameran yang Sesuai. Untuk memperluas pasar, Anda dapat sesekali mengikuti pameran di tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang atau pada event-event tertentu, misalnya pengajian akbar atau MTQ. Biasanya pada event-event tertentu kebutuhan orang untuk membeli busana muslim menjadi meningkat.
  • Service Excellence. Anda harus senantiasa memberikan pelayanan terbaik/service excellence kepada semua orang yang datang ke toko. Jangan pernah membeda-bedakan pelayanan karena penampilannya. Pelayanan yang baik tidak cukup hanya dengan memberikan senyum yang ramah tetapi pelayanan yang baik harus mampu memberikan solusi kepada semua pembeli/calon pembeli. Jika Anda berhasil memberikan pelayanan terbaik dan mampu menciptakan kesan positif, maka pembeli/calon pembeli akan merasa puas dan kemungkinan besar akan datang lagi. Ini berarti Anda telah membangun jalan untuk menciptakan loyal customer. Ingat! No Customer No Business. Jadi jalankan Sevice Excellence agar usaha Anda bisa maju dan berkembang.

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

 

Oleh: Yoyok Indroyatmo

Pengamat Marketing