Supaya Membeli Oleh-oleh Tak Menjadi Beban Saat Mudik

0
342
Salah satu pusat oleh-oleh di Malang. (merdeka.com/Siti Rutmawati)

Berempat.com – Mudik Lebaran selalu menjadi momen menyenangkan bagi setiap orang yang mengikuti tradisi tersebut. Di kampung halaman, kita bisa kembali bernostalgia masa dulu dan bertemu dengan kerabat lama, terutama keluarga besar yang jarang bisa berjumpa.

Tapi, pernahkah Anda mendapatkan sebuah pesan dari kerabat dan teman Anda saat mereka tahu Anda akan mudik? Pesan yang menyebutkan kalau mereka ingin dibawakan oleh-oleh khas dari kampung halaman Anda.

Atau sekalipun tak meminta langsung, Anda punya niat untuk membelikan oleh-oleh kepada teman dekat dan kerabat Anda di kota sekembalinya dari kampung halaman. Setidaknya sebagai tanda kepedulian Anda.

Niat baik untuk memberikan oleh-oleh setelah mudik memang tidak salah. Asalkan niat tersebut tak menjadi ‘beban’ bagi Anda karena ternyata Anda harus menghabiskan Tunjangan Hari Raya (THR), atau merogoh tabungan pribadi untuk membeli oleh-oleh.

Supaya niat baik tersebut bisa tetap Anda jalankan tanpa membebani Anda, maka ada baiknya Anda melakukan hal-hal ini.

  1. Tetapkan penerima oleh-olehnya

Supaya tidak melebihi batas, Anda perlu tentukan terlebih dulu siapa saja yang sekiranya perlu Anda prioritaskan untuk dibelikan oleh-oleh. Anda bisa mulai dari rekan kerja di kantor dan tetangga sekitar rumah.

  1. Tetapkan dana

Selain menetapkan siapa saja penerimanya, Anda juga perlu menetapkan dana yang perlu dikeluarkan. Usahakan agar jangan melebihi batas maksimal dana yang sudah Anda siapkan. Dengan begitu, Anda pun tak perlu memaksakan untuk membeli oleh-oleh khas daerah Anda bila ternyata mahal.

  1. Jangan terburu-buru

Namanya belanja oleh-oleh, pastikan Anda tak terburu-buru agar bisa menemukan barang dan harga yang cocok. Karena biasanya saat mudik banyak toko pusat oleh-oleh yang sedikit menaikan harga jual produknya. Tapi, ingatlah bahwa mereka perlu bersaing, karena itu pastinya ada saja toko yang menjual produk lebih murah dibanding toko lainnya.

  1. Pilih makanan khas daerah

Agar berkesan sekalipun bukan barang mahal, Anda bisa memilih oleh-oleh berupa makanan khas daerah. Selain biasanya akan dijual murah di tempat asalnya, makanan jauh lebih bermanfaat karena kemungkinan besar akan dikonsumsi oleh yang menerima.

  1. Bisa pilih jasa ekspedisi

Selain oleh-oleh yang Anda beli, biasanya keluarga di kampung halaman pun akan membekali Anda dengan banyak barang atau makanan untuk dibawa kembali ke kota. Karena itu, kadang kala barang bawaan saat kembali ke kota jauh lebih banyak.

Agar tetap aman, pastikan barang bawaan Anda tidak menyusahkan saat akan kembali ke kota bila menggunakan transportasi umum. Atau barang bawaan Anda tidak membuat kendaraan pribadi kelebihan muatan. Karena itu, Anda bisa memilih jasa ekspedisi sebagai solusi untuk mengirimkan oleh-oleh saat kembali ke kota.

Membeli oleh-oleh dari kampung halaman memang menjadi perbuatan baik sekaligus menyenangkan karena dapat berbagi bersama teman dan kerabat di kota. Tapi pastikan Anda tak terbebani dengan itu semua agar niat baik Anda pun tak sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.