Lakukan Terobosan Agar Usaha Tetap Bertahan

0
527
Dok klikpajak.id
Pojok Bisnis

Usaha-usaha yang memerlukan kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk merespon para konsumen diantaranya usaha di bidang kuliner. Menu makanan baru, misalnya sate kentang, jamur krispi goreng, dari segi porsi atau komposisi bisa dibuat ekstrem dibanding yang standar. Misalnya burger dengan porsi besar dan bertumpuk tinggi atau extra pedas.

Selain  inovasi makanan, penyedian tempat juga mendukung seperti suasana tempat makan dibuat dengan tema kultur atau suasana seperti di atas kapal, dan juga cara penyajian, misalnya dimasak di depan meja pelanggan. Dari segi promosi misalnya seperti dilakukan D’Cost dengan harga yang unik seperti diskon menurut usia, orang yang melayani memakai seragam atau kostum yang unik, layanan yang serba lengkap.

Untung besar dengan waktu cepat bisa diperoleh lewat terobosan dengan merombak model bisnis yang lama dengan model baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dibutuhkan kreatifitas dan kejelian membaca pasar, di antaranya melakukan diferensiasi (pembeda) yang benar-benar merupakan suatu terobosan. Bisa pula  menawarkan barang dengan kualitas yang sama dengan yang sudah ada, namun memiliki daya tarik harga yang jauh lebih murah dan jika berhasil mengundang banyak pengunjung yang bisa jadi pelanggan.

Pemasaran supaya cepat untung dengan cara membuat bisnis kita dibicarakan banyak orang (word of mouth marketing/ WOMM). WOMM dimungkinkan kalau ada terobosan baru yang kita tawarkan seperti di atas. Banyak sekali usaha-usaha yang sekarang merambah berbagai kota, tetapi kita harus jeli dalam menentukan usaha.

Top Mortar gak takut hujan reels

Ide kreatif membuat usaha kita dilirik pembeli karena menawarkan sesuatu yang lain dari yang lain atau melebihi suatu standar. Istilahnya harus ada unsur ”Wow”. Usaha kreatif agar bisa mendatangkan untung 40% dalam satu bulan di antaranya, kuliner (makanan dan minuman) dengan menciptakan menu baru seperti disebutkan di atas. Begitu pula fesyen, seperti pakaian yang bisa diubah dengan berbagai mode, dan aksesori. Bimbingan membaca untuk anak pra sekolah, sejenis play group yang membuat anak cepat membaca atau cepat berkembang, perawatan kecantikan seperti membuat awet muda dan tambah cantik, kebugaran dan pembentukan postur tubuh yang ideal, dan kesehatan.

Adapun strategi untuk menekan biaya operasional untuk memperbesar keuntungan bersih, yakni dari omzet yang meningkat. Misalnya dengan meningkatkan jumlah pelanggan, meluaskan cabang. Selain itu menekan biaya operasional seperti menghemat pemakaian listrik yang tidak dibutuhkan, mematikan lampu jika pencahayaan siang sudah cukup, mengatur sistem pendinginan udara yang efisien.

Pelaku usaha juga bisa mengajak karyawan untuk terlibat dalam mengusulkan ide, karena karyawan yang melayani pelanggan memiliki banyak informasi tentang keinginan konsumen. Misalnya memakai teknologi informasi berbasis jaringan (internet) yang bisa menghemat biaya-biaya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.