Ikuti Saran Kelvin Gaming Ini Kalau Mau Jadi YouTuber Gaming Terkenal

0
1116
Logo Kelvin Gaming

Berempat.com – YouTube sekarang bukan hanya sebagai tempatnya bagi siapa pun untuk eksis, tapi juga bisa jadi sumber pendapatan. Malah, untuk YouTuber kenamaan yang sudah punya banyak pelanggan (subscriber) bisa lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan UMP gaji karyawan DKI Jakarta lho. Setidaknya itulah yang didapatkan oleh Kelvin Alfiando alias Kelvin Gaming.

Tapi, tentunya semakin menjanjikan pendapatan yang bisa diterima dari YouTube membuat siapa pun tergiur hingga akhirnya banyak juga yang terjun menjadi YouTuber. Kalau sudah begitu, otomatis pesaing pun semakin banyak yang membuat kita tidak mudah untuk bisa mendapatkan pelanggan atau penonton. Hal itu juga berlaku bagi YouTuber gaming seperti Kelvin.

Karena itu, dalam sesi wawancara bersama Berempat.com Kelvin yang pernah masuk sebagai nominator di XYZ DAY 2018 ini tak hanya berbagai kisah inspiratif, tetapi juga memberikan tips dan trik bagaimana untuk bisa sukses dan terkenal menjadi YouTuber gaming seperti dirinya.

Berikut adalah tips dan triknya:

  1. Cari tahu jenis konten yang akan dibuat

Menurut Kelvin, sebelum kamu ingin benar-benar fokus menjadi YouTuber, tentukan dulu konten seperti apa yang ingin dibuat. “Maksudnya, lu mau buat channel YouTube, lu mau buat konten apa? Difokusin di satu ini, kayak gua gaming. Atau mau channel komedi,” ujarnya.

Karena, menurut Kelvin, pengguna YouTube cenderung lebih suka menekan tombol subscribe atau menjadi pelanggan untuk saluran yang fokus pada satu hal. Misal, saluran khusus komedi, gim, atau membahas film.

“Kadang kalau yang random gitu (subscriber) lama naiknya, tapi kalo yang fokus sama satu hal lebih cepet,” ungkapnya.

  1. Lakukan riset

Sebagai seorang YouTuber, Kelvin mengharuskan kita untuk selalu melakukan riset setiap kali ingin membuat sebuah konten. Dan khusus untuk gim, Kelvin menyarankan agar kamu meriset jenis gim apa yang sedang naik daun (hypes).

“Karena biasanya game yang lagi hypes itu bisa naikin viewers lu. Contohnya, sekarang ini Mobile Legend, ya gak apa-apa coba mainin Mobile Legend. Nanti suatu saat Mobile Legend mati, bakal ada game lain yang naik lagi,” terang suami Anna ini.

Dan yang pasti, Kelvin menyarankan agar kamu hanya memainkan yang pasti dimainkan dan ditonton orang banyak.

  1. Harus coba banyak gim

Lantaran gim itu sifatnya bisa timbul-tenggelam, Kelvin juga menyarankan agar kamu terus mencoba banyak gim baru. Karena bagi Kelvin ada masanya sebuah gim tidak akan laku lagi.

“Nggak selamanya Mobile Legend bakal di atas terus. Jaman dulu ada COC, COC pun lama-lama turun. Makanya mulai dari Mobile Legend masih laku gua udah masuk ke game lain,” ungkap Kelvin.

Karena itu, pria kelahiran November ‘91 ini pun mengharuskan dirinya untuk bisa memainkan gim apa pun. Menurutnya, hal itu penting supaya yang menonton saluran YouTube kamu bukan karena gim yang kamu mainkan, melainkan karena ‘sosok’ kamu.

  1. Siapkan dukungan alat

Namanya mau menjadi YouTuber, siapa pun perlu mengeluarkan modal untuk memulainya. Tapi, untuk awal kamu tak perlu membeli atau menggunakan alat dengan spek tinggi karena pasti mahal. Kecuali kalau kamu memang punya cukup modal, Kelvin menyarankan agar langsung membeli alat dengan spek tinggi.

Untuk bisa menjadi YouTuber gaming, Kelvin memberikan daftar alat yang setidaknya perlu kamu miliki, seperti webcam, laptop atau komputer beserta software untuk mengedit video, dan mik.

  1. Belajar edit video sendiri

Sebagai seorang YouTuber, Kelvin pun beranggapan kalau kamu harus bisa mengedit video. Jadi, YouTuber bukan hanya dituntut untuk mencari atau membuat konten kreatif, tetapi juga bisa mengedit video agar hasilnya bisa sesuai dengan keinginan kamu.

“Karena kualitas video itu sangat menentukan selain isi. Kadang lu males juga kan kalo nonton Youtube burem, kualitas cuma 360. Tapi kalo nonton HD pasti puas walaupun makan kuota,” tukasnya.

  1. Fokus

Fokus menjadi kunci utama bagi siapa saja yang ingin mencapai tujuannya. Tak terkecuali bila ingin menjadi YouTuber gaming. “Soalnya kalo lo ngelakuin hal setengah-setengah, lo nggak bakal maju-maju. Kayak gua pun, lumayan berani ngambil keputusan. Mungkin kalo sekarang gua masih kerja, YouTube gua gak mungkin bisa semaju ini,” ujar Kelvin yang dulu pernah menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan swasta ini.

Memang, Kelvin mengaku langkah awalnya tidak mudah sampai ia bisa di posisinya saat ini. Menurutnya, setiap orang punya waktu pencapaian yang berbeda-beda. Kelvin sendiri menganggap dirinya termasuk orang yang hoki karena bisa merasakan hasil besar dari YouTube dalam waktu cepat, yaitu hanya 7 bulan.

Kelvin mencontohkan salah satu YouTuber yang juga temannya, Dyland Pross. Sepengetahuan Kelvin, Dyland sudah fokus menjadi YouTuber lebih lama darinya, tapi selama 2 tahun pelanggan salurannya hanya berada di angka 15 ribu. Tapi, kini Dyland Pross sudah punya 1,2 juta pelanggan di saluran YouTube-nya.

“Naiknya lama. Tapi yang penting lu jangan mudah menyerah. Lu gak mungkin bikin satu-dua video langsung naik. Kadang ada yang gak nonton dulu, sepi. Yang penting lu gimana caranya bikin konten bagus dan enak dilihat. Lama-lama kalo orang seneng sama lu pasti orang akan nge-share. (Intinya) jangan mudah menyerah ajalah,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here