Strategi Pemasaran Perhiasan Perak Impor

0
351
Dok surabayapagi.com

Bisnis perhiasan perak punya potensi yang cukup baik sekarang ini dan ke depannya. Meningkatnya kualitas hidup di Indonesia (yang salah satunya dapat dilihat dari pendapatan per kapita yang semakin meningkat) membuat semua orang ingin tampil lebih menarik dengan mengenakan perhiasan. Perak dapat menjadi alternatif pilihan karena harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan emas.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba agar penjualan perak impor menjadi lebih baik sesuai harapan:

  • Perluas Target Market. Perhiasan memang identik dengan wanita, namun pasar pria ternyata juga punya potensi walaupun tidak sebesar wanita. Untuk itu Anda harus memiliki banyak variasi produk untuk wanita dan juga pria untuk berbagai kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Dengan demikian pasar yang akan Anda ambil menjadi lebih luas.
  • Website Menarik. Buatlah website yang menarik agar orang yang menjadi target market mau membukanya dan dapat melihat foto produk secara jelas. Setiap kali ada produk baru – maka website harus cepat di-update agar semua orang mengetahuinya. Selain itu website juga harus memberikan edukasi yang baik dan benar tentang perhiasan perak, mulai dari cara memilih perak yang baik hingga cara melakukan perawatan perak secara benar. Dengan demikian orang lebih yakin dalam memilih produk perak yang Anda jual. Jangan lupa untuk mencantumkan email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pastikan bahwa orang yang akan menjawab email dan menerima telepon memiliki product knowledge yang baik.
  • Cari Rekanan untuk Menjual. Ada baiknya Anda mencari rekanan yang mau membantu menjual perhiasan perak yang Anda jual. Pastikan rekanan yang Anda pilih benar-benar dapat menjaga brand image produk perak impor tersebut. Berikan informasi tentang produk secara detail agar nantinya mereka dapat menjual dengan informasi yang benar.
  • Aktif dalam Komunitas. Supaya produk Anda semakin dikenal secara luas, datanglah ke komunitas tertentu yang cocok dan memiliki potensi untuk membeli. Di komunitas yang sedang mengadakan acara tersebut, Anda bisa membuka booth atau jika memungkinkan dapat mengisi acara presentasi produk. Jika satu orang yang berpengaruh dalam komunitas tersebut mau membeli produk Anda, maka itu adalah awal yang baik karena akan mampu memberikan pengaruh positif untuk anggota lainnya.
  • Promosi Khusus. Sesekali berikan penawaran khusus pada momen tertentu, misalnya Hari Raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Valentine, dan lain-lain. Promosi khusus tersebut harus diketahui oleh semua customer yang sudah pernah membeli dan juga calon customer yang menjadi prospek Anda. Dengan demikian promosi akan menjadi efektif dan mampu meningkatkan angka penjualan. Website juga harus di-update ketika ada program promosi khusus. Komunikasi lainnya dapat Anda sampaikan melalui koran, majalah, brosur/ flyer, radio, atau media lainnya.
  • Melayani Customer dengan Service Excellence. Berikan pelayanan yang baik kepada customer maupun calon customer yang datang ke toko Anda agar mereka merasa senang dan puas. Anda harus tetap memberikan pelayanan terbaik walaupun mereka belum membeli. Pelayanan yang berkesan akan selalu diingat dan suatu saat calon customer akan menjadi customer. Percayalah bahwa dengan pelayanan terbaik, Anda akan memiliki banyak loyal customer dan ini berarti bisnis Anda akan semakin berkembang.

 

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

Oleh: Djoko Kurniawan

Consultant of Marketing & Service Quality

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.