Menciptakan Produk yang Tidak Mudah Ditiru

0
585
dok media-tekno.com

 

Berbisnis memang hampir selalu ada orang yang dengan mudah menjadi follower. Ini artinya apa yang Anda alami adalah hal yang lumrah. Hal ini karena banyak orang yang memulai usaha dengan cara meniru orang lain yang sukses.

Lihat saja, lima tahun lalu warnet masih sedikit, tapi sekarang ini dalam satu gang bisa ada beberapa warnet. Para pendatang baru ini sedang mencoba peruntungan dengan cara meniru yang sudah ada. Faktanya memang, tak sedikit warnet yang terpaksa gulung tikar akibat persaingan yang sangat ketat tersebut.

Sekarang posisi Anda adalah pada pihak yang ditiru orang lain. Ini membuktikan bahwa produk anda kreatif dan orisinal. Bersyukurlah kalau Anda ada di pihak yang ditiru, bukan yang meniru. Anda di pihak yang hebat dan selalu bisa berkreasi, cepat atau lambat, pelanggan Anda akan menunggu produk baru Anda yang selalu hebat dan menarik.

Anda tidak perlu menghalangi orang lain untuk meniru. Silakan saja mereka meniru. Yang penting Anda melakukan langkah-langkah agar pembeli mengenal produk yang asli. Di sinilah yang penting Anda lakukan. Anda perlu menjelaskan ciri-ciri produk Anda yang asli, sehingga para pelanggan Anda akan membeli dari anda. Anda boleh menjual lebih mahal dari orang lain, yang penting kualitasnya terjamin.

Anda perlu juga membuat produk sering berganti model sehingga para penjiplak tidak dengan mudah meniru. Dan yang tidak kalah pentingnya, pelayanan Anda ke pembeli juga harus lebih baik dibanding pesaing. Dengan cara ini, akan sedikit orang yang berani meniru produk Anda.

Selamat mencoba, semoga sukses.

 

oleh: Bambang Wahyu Purnomo

Pengamat Wirausaha

Email: b_wahyu_purnomo@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.