Kiat Menciptakan Pelanggan Setia

0
643
Menarik pelanggan (dok blog.xendit.co)
Pojok Bisnis

 

Bisnis Anda tersebut termasuk produk makanan yang dibutuhkan semua kalangan baik tua ataupun muda, pria ataupun wanita. Kalau kemudian muncul banyak pesaing, kita perlu menyikapi secara wajar karena memang setiap usaha yang digeluti akan menghadapi persaingan. Dengan munculnya pesaing memang bisa menggerogoti pasar yang sudah kita bangun sebelumnya, namun ada juga sisi positifnya yaitu kawasan kita menjadi sentra atau pusatnya kue kering. Lalu bagaimana strateginya? Langsung saja saya jawab sesuai nomor pertanyaan di atas.

Mengatasi persaingan, dalam ilmu bisnis dikatakan produk kita harus memiliki diferensiasi atau pembeda dari produk sejenis lainnya yang ada di pasaran. Nah coba Anda pikirkan apa pembeda atau nilai lebih yang dimiliki kue kering Anda dibanding para pesaing? Kalau kue kering Anda sebagai yang pertama, boleh mengklaim sebagai “pioneer”. Sebenarnya ada banyak diferensiasi yang bisa dijadikan pembeda, seperti kue lebih renyah, kemasan lebih menarik, rasa lebih enak, dan lainnya. Bisa juga dengan menciptakan rasa-rasa baru, misalnya kue kering rasa strawberry, rasa campuran, ukuran kuenya, bentuknya, dan sebagainya. Serta jangan lupa memberikan pelayanan yang ramah dan sopan pada pelanggan.

Kiat-kiat yang bisa dijalankan. Pertama, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, yakni menciptakan perbedaan dari segi produk, misalnya rasa, kerenyahan, bentuk, kemasan, dan sejenisnya. Kedua, pasang papan nama dan spanduk yang mencolok mata sehingga orang memperhatikan. Ketiga, lakukan pelayanan yang lebih bagus dibandingkan kompetitor Anda, misalnya lebih sopan, bersih, higienis, parkir mudah, dan sebagainya. Keempat, lakukan perluasan pasar, misalnya bisa dengan menawarkan kue kering ke para karyawan di gedung perkantoran atau kue kering dibuat parsel atau sebagai ucapan. Sebar brosur ke perumahan sekitar pada radius 1-2 km dari toko.

Top Mortar gak takut hujan reels

Loyal customer akan tercipta karena dua syarat. Pertama, pelanggan puas. Dalam arti apa yang diharapkan dari kue dan toko kita bisa terpenuhi, artinya rasa kue enak higienis, tidak basi, serta pelanggan dilayani dengan baik dari datang sampai meninggalkan toko. Syarat kedua, menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan. Ada banyak media yang bisa digunakan mulai dari kirim SMS ucapan ulang tahun ke pelanggan, memberi informasi melalui jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, kirim email tentang adanya menu atau rasa kue baru, dan kerja sama dengan pihak ketiga. Misalnya kerja sama dengan bengkel motor, kalau servis di bengkel dapat voucher yang dapat ditukar dengan kue tertentu.

Sementara untuk mengubah pelanggan baru menjadi loyal customer bisa dilakukan dengan cara membership atau kartu keanggotaan. Data pembeli dicatat kalau membeli dalam jumlah tertentu (misal beli 5 gratis 1) atau bentuk-bentuk lain, misalnya kalau pada saat pelanggan ulang tahun bisa mendapat diskon 20%.

Brand atau merek juga sangat penting untuk kue, merek harus dibuat dengan serius mulai dari nama sampai desainnya. Ini akan menjadi identitas sehingga pelanggan akan mencari kue kering hanya merek kita. Saat ini banyak kue kering tanpa merek (generik), sehingga pelanggan bingung menentukan mana yang terbaik. Kalau merek kita dipercaya enak atau berkualitas akan membuat pelanggan merekomendasikan ke temannya sehingga mencari kue merek kita.

 

Oleh:Istijanto Oei

Pengajar dan Konsultasi Bisnis di Prasetiya Buku Best Seller “Rahasia Sukses Toko Tionghoa” dan “Jurus-jurus Sakti Wirausaha” terbitan Gramedia.

Email: istijanto@hotmail.com

 

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.