Sukses Berwirausaha Butuh Kepemimpinan yang Benar

0
439
Kepemimpinan (dok finansialku.com)
Pojok Bisnis

 

Bicara mengenai kepemimpinan adalah berbicara suatu hal yang cukup luas cakupannya, namun dalam kesempatan kali ini saya akan membahas practical skills yang Anda perlukan. Seringkali para pewirausaha pemula berpikir bahwa ketika bicara wirausaha berarti kita berbicara mengenai modal dan skill. Hal tersebut tidak salah tetapi juga tidak benar seratus persen.

Anda boleh memiliki keahlian, modal, Anda jago jualan dan pemasaran. Ketika Anda masih melakukannya sendirian, sebetulnya Anda masih memiliki kendala terbesar. Coba Anda berpikir, seandainya Anda suatu saat ingin menikmati liburan dan Anda harus meninggalkan usaha Anda. Pertanyaannya adalah berapa lama Anda mampu berliburan tanpa memikirkan sedikit pun tentang usaha Anda? Berapa potensi pendapatan usaha Anda yang hilang tanpa kehadiran Anda? Semua itu akan terjadi kalau Anda tidak memilki keahlian untuk bisa memimpin orang lain.

Kepemimpinan sejati adalah ketika Anda bisa memberikan perintah kepada orang lain dan orang tersebut menjalankannya dengan senang hati bahkan tidak akan berhenti melakukannya sebelum Anda memerintahkan mereka untuk berhenti. Kepemimpinan sejati bicara tentang kemampuan Anda untuk mengembangkan potensi orang lain. Kepemimpinan sejati bicara bagaimana orang-orang yang secara pengetahuan dan keahlian lebih dari Anda tetapi mau bekerja pada Anda. Kepemimpinan sejati bicara walk the talk, bekerja seperti yang Anda katakan sendiri.

Top Mortar gak takut hujan reels

Ketika berwirausaha, Anda menjadi bos untuk diri sendiri. Seringkali diartikan menjadi seenaknya untuk masuk dan keluar kantor atau bekerja kapan saja sesuai dengan kemauan kita. Itu memang impian semua orang ketika menjadi wirausahawan, akan tetapi itu bisa terwujud kalau Anda sudah membangun sebuah sistem.

Sistem tersebut bisa dibangun kalau Anda memiliki kemampuan analisis yang tajam terhadap kelebihan dan kekurangan cara kerja usaha Anda. Kalau Anda membangun semuanya SENDIRIAN kira-kira Anda akan butuh berapa tahun untuk bisa liburan dengan tenang? Dengan mempertajam keahlian kepemimpinan, Anda bisa mewujudkan impian-impian yang Anda bangun dalam waktu yang lebih cepat.

Kalau begitu apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses? Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa Anda praktikkan:

  1. Belajar untuk mempercayai orang lain. Delegasi adalah hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika berbicara wirausaha yang sukses. Ingatlah bahwa Anda akan perlu orang lain untuk mengembangkan usaha Anda. Awalnya memang sulit, tetapi Anda sudah melalui hal ini sebelumnya bahkan from the tough way. Jadi biarkan mereka melakukan kesalahan, cukup beritahukan mereka agar mereka bisa memperbaiki.
  2. Perhatikan hukum 100 – 50 – 200. Kalau Anda melakukan suatu hal yang benar, pengikut Anda akan meniru sekitar 50% dari apa yang Anda lakukan. Kalau Anda melakukan sebuah kesalahan maka pengikut Anda akan melakukan 200% dari yang Anda lakukan. Usahakan untuk selalu memberikan contoh perilaku yang baik seperti datang lebih pagi dan pulang paling akhir.
  3. Selalu menjadi yang rendah hati. Ingatlah bahwa Anda memimpin manusia jadi selalulah rendah hati, apalagi kalau Anda memimpin orang yang dari segi apapun lebih dari Anda. Dengan merendahkan hati Anda, sebetulnya Anda sedang ‘mengambil’ keuntungan dari orang tersebut tanpa orang itu merasakan kerugian.
  4. To lead is to serve. Memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang bekerja untuk Anda. Saya tidak berbicara mengenai materi yang dapat Anda berikan melainkan sikap Anda terhadap mereka. Anda tidak boleh pelit untuk memberikan pujian, jangan segan-segan menegur kalau mereka melakukan kesalahan. Rayakan kemenangan bersama-sama dengan mereka. Bersama juga merenungi kekalahan yang Anda alami. Berikan empati yang mendalam kepada setiap anggota team dalam perusahaan Anda tanpa harus menyalahi peraturan yang sudah Anda tulis sendiri.

 

Oleh: Antonius Karya,

Master Trainer and Lead Consultant,

dari FinanSaleS MindTech TCC

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.