Percepatan Pertumbuhan Bisnis Dengan Memperluas Relasi

0
60
Pentingnya mentor (dok theceomagazine.net)

 

Dalam proses mengembangkan bisnis, sering kali kita menghadapi berbagai macam masalah yang sulit untuk dihadapi dan tidak menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Namun kadang ketika masalah yang rumit itu sulit kita hadapi, solusi muncul dari orang lain yang kadang sering kita tidak duga.

Itu karena memang manusia adalah makhluk sosial yang saling tolong menolong dan berinteraksi antara satu dengan lainnya.

Jadi jangalah kita berpikir dengan kemampuan yang kita miliki akan dapat menyelesaikan masalah yang ada dibisnis kita.

Bahkan orang-orang besar juga tidak akan sukses tanpa bantuan dari orang lain. Contohnya adalah orang nomor satu terkaya didunia yaitu Bill Gates.

Seorang Bill Gates pun membutuhkan orang lain seperti Paul Allen untuk membantunya mengembangkan Microsoft sampai sebesar ini.

Untuk itulah, malam ini kami dari team entrepreneurID akan berbagai nasehat mengenai pentingnya membangun relasi atau networking untuk mengembangkan bisnis yang kita sedang jalani.

Relasi artinya adalah hubungan atau interaksi dengan orang lain. Relasi sangatlah penting dalam bisnis karena terkadang kita membutuhkan keahlian orang lain yang bisa mendukung bisnis yang kita miliki.

Jika kita bisnis sendiri tanpa orang lain, maka pertumbuhan bisnis kita sangatlah lambat dikarenakan kemampuan dan waktu yang kita miliki sangatlah terbatas.

Di bawah ini adalah cara untuk membangun relasi untuk mengembangkan bisnis kita.

_*Yang Pertama, Mengikuti Event Bisnis*_
Yang pertama adalah mengikuti event-event bisnis. Bisa berupa seminar, diskusi panel maupun training-traning bisnis lainnya.

Dalam event tersebut akan dihadiri oleh orang-orang yang mempunyai latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda namun mempunyai visi yang sama yaitu berbisnis.

Dengan menghadiri event-event bisnis tersebut, kita akan mendapatkan kenalan-kenalan yang tidak pernah kita jumpai sebelumnya.

Kita akan bertemu orang-orang yang mungkin bisnisnya diatas kita secara pengalaman maupun pendapatan dan akan berbagai mengenai perjalanan bisnis mereka ke kita.

_*Yang Kedua, Bergabung Dengan Komunitas Profesional*_
Selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas bisnis profesional.

Selain dapat berkomunikasi dengan intens kepada para pebisnis lainnya, kita akan mendapatkan energi tambahan karena berada dilingkungan orang-orang yang juga berbisnis dan mempunyai masalah yang hampir sama..

Jika kita berjuang dalam bisnis sendirian maka ketika ada sesuatu yang salah tidak ada yang akan mengingatkan, dan jika ketika kita sedang berada dititik bawah dalam bisnis tidak ada yang akan menguatkan kita.

Namun berbeda jika kita berbisnis dengan berjamaah atau berkelompok dalam satu komunitas, ketika kita ada satu kendala maka teman-teman kita dalam satu komunitas yang sama akan mencoba membantu meringankan masalah kita.

_*Ketiga, Aktif Sosial Media*_
Berinteraksi dalam sosial media dapat membantu memperluas relasi yang kita miliki.

Interaksi sosial media dapat dilakukan dengan mudah karena setiap orang di zaman sekarang hampir semuanya memiliki sosial media.

Melakukan komunikasi dalam sosial media dengan cara dapat follow akun-akun bisnis maupun orang orang-orang yang sudah sukses dalam bisnisnya.

Membangun interaksi disosial media sedikit berbeda dengan komunikasi langsung karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti izin untuk berkenalan, tidak memutus komunikasi secara sepihak sampai dengan menyampaikan dengan jelas maksud dan tujuan dalam berinteraksi.

Oke itulah beberapa hal penting mengenai pentingnya relasi dalam membangun bisnis juga tips-tips membangun relasi bisnis.

Ketika relasi sudah terbangun maka silahturahmi akan muncul.

Menjaga silahturahmi selain dapat membantu bisnis kita juga dapat memperluas rezeki kita.

Tetap semangat dalam menjalani bisnisnya dan tetap selalu menjaga silahturahmi yang sudah berjalan.

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.