Friday, November 15, 2019
Home Ekonomi Utang Luar Negeri Naik Jadi 5600 T

Utang Luar Negeri Naik Jadi 5600 T

1
193
Ilustrasi (jowonews)
Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia kembali meningkat. Jika ULN pada kuartal kedua 2019 sebesar Rp 5.485 triliun (asumsi 1 dolar AS = Rp 14.000), Maka diawal kuartal III 2019 utang menjadi 5.600 triliun.
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan ULN tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral.

Penambahan ULN pemerintah yang meningkat sejalan dengan persepsi positif investor asing terhadap kondisi perekonomian Indonesia

Onny menilai struktur ULN Indonesia tetap sehat. Kondisi tersebut tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir kuartal II 2019 sebesar 36,8 persen, membaik dibandingkan dengan rasio pada triwulan sebelumnya.

ULN pemerintah diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, dengan porsi terbesar pada beberapa sektor produktif yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, yaitu sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, sektor konstruksi, sektor jasa pendidikan, sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib, serta sektor jasa keuangan dan asuransi.

1 COMMENT

  1. Indikator masih amannya ULN Indonesia, karena secara struktur tetap didominasi utang luar negeri berjangka panjang dengan pangsa 87 persen dari total ULN. Pemerintah pasti bakal terus meningkatkan koordinasi untuk memantau utang tersebut. Selain itu prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya dan meminimalkan risiko sangat dikedepankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.