Mitra Warung Bisa Sumbang Rp 8 Miliar ke Bukalapak

0
1535
Ilustrasi mitra Bukalapak

Berempat.com – Bukalapak memiliki satu strategi yang terbilang beda dibanding marketplace pada umumnya, yakni menggandeng warung sebagai mitra Bukalapak. Menurut Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid, dalam setahun belakangan ini Bukalapak telah menggaet lebih dari 300.000 pemilik warung untuk menjadi mitra.

Fajrin mengungkapkan, penggandengan warung sebagai mitra Bukalapak ini tak terlepas dari sedikitnya orang yang berbelanja daring di Indonesia. Fajrin bahkan menyebut, berdasarkan survei terbaru, hanya 10% penduduk Indonesia yang pernah berbelanja daring.

“Jadi baru 25 juta penduduk Indonesia yang pernah berbelanja online. Sebanyak 90% belum pernah belanja online di e-commerce,” papar Fajrin di Kantor Bukalapak, Kamis (27/9).

Menurut Fajrin, kebanyakan penduduk Indonesia yang belum pernah mencoba berbelanja daring di e-commerce lantaran masih takut atau asing pada proses pembayarannya.

Sebagai salah satu upaya untuk bisa menyentuh 90% dari kategori tersebut, Bukalapak pun berinisiatif untuk menjadikan warung sebagai mitra. Adapun, fungsi dari mitra Bukalapak tersebut ialah sebagai jembatan bagi orang yang belum pernah berbelanja daring.

“Jadi mitra Bukalapak tadi nanti yang memesankan, istilahnya melalui aplikasi begitu. sehingga dari sisi konsumen itu terjembatani. Mitra yang mengurus dan orang tinggal terima beres saja,” terang Fajrin.

Tak hanya menambah jumlah orang yang berbelanja daring, Fajrin pun mengklaim bahwa mitra Bukalapak telah menyumbang 20% dari total Gross Merchandise Value (GMV) bulanan Bukalapak yang sebesar Rp 4 triliun. Artinya mitra Bukalapak bisa menyumbang Rp 800 miliar.

“Jadi orang yang belum familiar dengan belanja online bisa datang ke warung untuk belanja online, beli tiket dan sebagainya di sana,” jelas Fajrin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.