Mirip Branded, Dompet Bruberry Lokal Laris Manis

0
330
dompet_burberry (dok karousell.com)

 

Bicara mengenai trend fashion maka tidak akan lepas dari kaum hawa. Karena bukan rahasia lagi, kaum wanita selalu memiliki keinginan tampil beda dengan menggunakan berbagai produk fasyen yang unik dan mengikuti trend yang ada.

Salah satu produk fashion yang laris di pasaran adalah dompet Bruberry, yang kehadirannya banyak disukai kaum wanita baik tua maupun muda.  Bagi sebagian besar wanita yang mengikuti fashion pasti mengenal salah satu produk branded yang telah mendunia ini.

Dengan desain corak yang memadukan garis tebal dan tipis membuat dompet terlihat berbeda. Apalagi bahan yang digunakan adalah bahan yang tahan air dan memiliki sirkulasi udara sehingga mampu bertahan lama. Varian warna cerah yang ditawarkan dompet ini juga membuatnya terlihat sangat eye catching ketika digunakan dalam kegiatan formal maupun in formal.

Karena harga dompet blueberry import yang sangat mahal, membuat banyak konsumen yang enggan membeli produk berkualitas yang satu ini. Saat ini dompet tersebut bisa dibuat di dalam negeri dengan kualitas yang hampir sama namun dengan harga yang lebih murah dan sangat terjangkau.

Untuk bisa menjalankan usaha pembuatan dompet Bruberry kualitas lokal tidak membutuhkan modal yang besar.  Yaitu seperangkat mesin jahit bekas dengan harga sekitar Rp 1,5 juta yang digunakan proses produksi, serta uang sebesar Rp 2 juta yang digunakan untuk membeli bahan baku seperti kulit sintetis, spon air, kain puring, kancing dan resleting.

Dompet Bruberry Lokal

Tidak jauh berbeda dengan produk dompet Bruberry import, produk dompet Bruberry  lokal juga menyajikan desain, corak dan ukuran yang hampir sama. Salah satunya adalah motif kotak-kotak yang di buat pada warna dasar cokelat dengan ukuran 23 cm x 35 cm x 13 cm (panjang, tinggi, lebar).

Dompet ini bisa dibilang multifungsi, karena selain untuk menaruh uang, kartu ATM dan lain sebagainya, pada dompet ini juga terdapat space yang bisa digunakan untuk menaruh handphone. Harga dompet Bruberry lokal ini berkisar Rp 90 ribu per pcs, namun apabila melakukan pembelian sebanyak satu lusin bisa mendapatkan harga Rp 55 ribu.

Pembuatan

Untuk membuat dompet Bruberry bahan baku dan peralatan yang harus di persiapkan antara lain adalah spon air (sejenis kulit sintetis yang anti air), kain puring, kancing dan reselting, serta peralatan mesin jahit. Untuk memperoleh bahan baku dan peralatan bisa dibeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Pasar Cipadu, Tanggerang.

Proses pembuatan dompet Bruberry ini terbilang sangat sederhana dan modal yang paling penting adalah kemampuan dalam menjahit. Namun bila tidak memiliki kemampuan tersebut, maka bisa memaklonkan proses produksinya.

Setelah semua peralatan dan bahan baku siap, langkah selanjutnya adalah pembuatan pola dengan ukuran 23 cm x 35 cm x 13 cm (panjang, tinggi, lebar).  Setelah pola terbentuk, langkah selanjutnya adalah pemotongan bahan sesuai dengan pola yang dibuat.

Lalu satukan kain dan resleting, dengan sisi yang halus menghadap ke atas dan sisi lainnya lagi menghadap ke bawah. Lalu jahit, dan balik kain sehingga sisi bagus menghadap keluar. Pertemukan masing-masing sisi kain bagian luar dan bagian dalam, lalu jahit tepi kiri dan kanan serta tepi atas dan tepi bawah. Setelah itu, dompet siap dipasarkan.

Pemasaran dan Prospek

Dompet Bruberry ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama tergantung dari kerapian para penggunanya. Prospek usaha dompet Bruberry terbilang sangat menjanjikan, hal tersebut tidak lepas dari sedang boomingnya produk yang satu ini. Untuk keuntungan bersih yang di dapatkan cukup besar, karena dari satu produk dompet Bruberry lokal ini, produsen bisa memperoleh keuntungan bersih sebesar 20-40%.

Pemasaran awal yang dapat dilakukan yakni dengan menawarkan ke lingkungan sekolah, kampus dan di sekitar tempat tinggal kita. Ditambah lagi dengan pemasaran melalui jalur online dengan memanfaatkan jejaring sosial Facebook, Twitter, dan blog.

Satu lagi sistem pemasaran yang bisa dilakukan ialah dengan membuka sistem kerjasama dalam bentuk reseller seperti yang Saya lakukan. Bagi yang ingin menjadi reseller produk dompet bruberry lokal ini bisa melakukan pembelian minimal 1 lusin dengan harga per pcsnya seharga Rp 55 ribu.

 

Oleh Ayu Widyaningsi,

Produsen Dompet Wanita

Jalan Cengkeh No. 251, Tamansari Kota, Jakarta Barat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.