Bisnis Pembuatan Website Untungnya hingga 75%

0
343
Jasa pembuatan website (dok andi.link)

 

Berawal dari ketertarikannya akan dunia internet semasa duduk di bangku kuliah, menginspirasi Herwindo P. Munawar untuk membuat website kreasi sendiri. Namun hal tersebut tidaklah mudah karena ia tidak memiliki latar belakang di bidang teknologi informasi.

“Pada mulanya saya belajar mengolah gambar atau foto melalui Photoshop, saya belajar sendiri melalui buku, forum tanya jawab di internet, hingga sumber-sumber tutorial online yang sangat banyak disediakan di internet,” kenang alumnus Jurusan Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta ini.

Setelah ilmu yang didapat Herwindo dirasa cukup, pria usia 32 tahun ini mulai beralih membuka usaha jasa pembuatan website. Modal awal yang ia butuhkan untuk memulai usaha jasa pembuatan website sebesar Rp 11 juta.

Jasa Pembuatan Website

Ada tiga jenis paket jasa pembuatan website yang ditawarkan oleh Herwindo yaitu Silver Fune, Bronze Fune, dan Gold Fune. Paket Website Silver Fune biasanya ditujukan untuk kalangan personal yang terdiri dari dua desain halaman web, dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif, 5 halaman, 10 bagian dari halaman, 10 kolom, garansi satu tahun, termasuk dua kali revisi, pelayanan untuk program pencarian untuk di Google. Website ini sudah termasuk domain dan hosting dasar untuk satu tahun dan harga yang ditawarkan Rp 9 juta. Namun untuk kalangan personal harga yang ia tawarkan tidak terpatok pada price list karena masih bisa dinego sesuai dengan keinginan klien, untuk harga Rp 9 juta bisa dinego sampai Rp 2 juta.

Paket Website Bronze Fune terdiri dari dua desain halaman web, 2 kali revisi, 10 halaman, 15 bagian dari halaman, 15 kolom, gambar bergerak halaman depan, program mesin pencari web, event atau berita, registrasi anggota atau pengunjung, download area, jejak pengunjung, pelatihan content management system untuk administrator CMS (Content Management System), program pencarian di Google, garansi satu tahun, hosting dasar untuk satu tahun dan pendaftaran nama domain. Paket ini ditawarkan seharga Rp 14 juta, dan lebih ditujukan bagi kalangan profesional/perusahaan.

Sedangkan untuk paket Website Gold Fune terdiri dari desain web 2 halaman, 2 kali revisi, 15 halaman, 20 bagian dari halaman, 20 proses gambar, gambar bergerak pada halaman depan, program mesin pencari web, pemutar musik,  event atau berita, registrasi anggota atau pengunjung, laporan berkala, download area, forum, jejak pengunjung, pelatihan content management system untuk administrator CMS (Content Management System), program pencarian di Google, garansi 1 tahun, hosting dasar untuk 1 tahun, pendaftaran nama domain, 4 jam pelatihan, dan foto produk yang ditawarkan seharga Rp 17 juta dan ditujukan bagi kalangan online shop/e-commerce.

Diakui Herwindo jasa pembuatan web yang paling banyak dipesan ialah dari kalangan perusahaan. ”Kini bagi perusahaan-perusahaan, internet dapat dijadikan layanan penghubung dengan customer, cukup dengan mendaftarkan nama perusahaan di salah satu hosting pilihan, maka masyarakat akan mengenal lebih jauh tentang produk-produk unggulan yang akan dipasarkan nantinya,” tuturnya.

Promosi dan Pemasaran

Untuk mengenalkan jasa website ke konsumen Herwindo melakukan promosi melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, ia juga berpromosi dengan membuat website untuk menawarkan jasanya yakni  www.funethic.com yang diiklankannya secara gratis di internet. Ia juga menggunakan cara agar website-nya dapat menduduki peringkat atas ketika terjadi pencarian yang dilakukan oleh pengunjung website berdasarkan keyword atau kata kunci, atau dikenal dengan cara SEO (search engine optimization).

Herwindo lebih menyasar segmen market kalangan perusahaan karena menurutnya perusahaan memiliki kebutuhan website yang kompleks dan membutuhkan jasa untuk maintenance website itu sendiri mengingat perusahaan cenderung tidak mau direpotkan untuk urusan ini. Saat ini ia telah menangani pembuatan website beberapa perusahaan besar di antaranya RS. Jantung Bina Waluya, Manna Line International, Asmiha dan Koperki, Mitra Rajasa, WWF Indonesia, Samsung, dan Qiandra. Klien tersebut didapatkan melalui Facebook, forum pertemanan, iklan secara gratis, menyebarkan brosur, dan yang utama ialah pemasaran dari mulut ke mulut.

Kendala

Ketika ada order dari klien yang belum menyiapkan content planning atau konsep materi, hal tersebut merupakan kendala yang sering dialami oleh Herwindo.

“Kalau content planning-nya sudah siap dan sudah detil saya membuatnya juga enak dan saya tinggal mendesain dan membuatnya lebih indah karena konsep dasarnya sudah ada, sehingga saya memberi pengertian ke klien konsumen karena mereka tahunya desain itu ya setting. Kecuali untuk klien kalangan perusahaan besar, mereka tahu banget kalau desain itu berarti mengkreasi sesuatu, tapi itu bukan berarti saya tidak menerima klien perorangan,” ujar Herwindo.

Dalam sebulan Herwindo bisa membuat 2 website untuk kalangan perusahaan yaitu untuk Paket Website Bronze Fune seharga Rp 14 juta, dan 1 website untuk kalangan personal yang harganya bisa dinego sampai Rp 2 juta, sehingga omset yang dapat diraihnya per bulan  bisa mencapai Rp 30 juta dengan keuntungan bersih hingga 75%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.