Tips Sukses Bisnis Sepatu Yongki Komaladi

0
338
Yongki Komaladi (dok mr-ardy.blogspot.com)

Bisnis sepatu akan selalu menghadirkan pelaku-pelaku usaha baru mengingat sepatu merupakan salah satu produk fesyen yang keberadaannya selalu dibutuhkan setiap orang, sehingga peluangnya akan tetap bagus. Terlebih dengan semakin berkembangnya dunia  informasi  teknologi juga akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan desain  sepatu yang dibuat oleh pelaku usaha. Hal ini dikarenakan pelaku usaha sepatu lokal masih berkiblat pada desain-desain sepatu dari luar negeri.

Seperti halnya sepatu pelangi, yang awalnya beredar di luar negeri dan menjadi tren di sana. Sepatu pelangi sendiri hadir setelah booming-nya produk-produk bewarna pelangi. Melihat potensi yang sangat besar, membuat pelaku usaha baik pemula maupun yang sudah fokus dalam usaha produksi sepatu pun berlomba-lomba menciptakan desain-desain unik dari sepatu motif pelangi ini.

Berbicara soal desain sepatu sebaiknya pelaku usaha harus berani mengombinasikan bahan yang akan digunakan dalam membuat model. Mulai dari warna yang ngejreng, atau memadukan bahan kulit sintetis dengan bahan batik dan sebagainya. Hal ini agar dapat meciptakan sesuatu yang berbeda dan menarik perhatian calon konsumen. Namun perlu diperhatikan juga apakah bahan baku yang akan digunakan mudah didapat atau tidak. Jangan sampai ketika produk ini sudah booming, namun sulit mendapatkan bahan baku sehingga akan memengaruhi produksi, yang nantinya merembet kepada masalah pemasaran akibat langkanya bahan baku.

Selain berani mengombinasikan bahan, bila ingin memproduksi sepatu sebaiknya mengeluarkan model secara berkala. Jangan terpengaruh dengan booming-nya satu desain. Karena cepat lambat bila desain itu sudah mulai pasaran, maka konsumen pun akan bosan dengan desain tersebut. Tentukan time line yaitu setiap kali produksi dalam jumlah ditentukan harus meluncurkan produk yang berbeda.

Dalam mempromosikan produk fesyen sepatu ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Dengan cara online atau dengan cara offline, kedua cara ini dapat dilakukan secara bersamaan. Namun sebelumnya harus menentukan target market dengan cara melakukan riset pasar. Untuk menarik konsumen  kelas, selain sering memperbaharui desain, pelaku usaha juga bisa melakukan program diskon atau promo di waktu tertentu.

Mengenai persaingan bisnis sepatu memang semakin  ketat karena usaha sepatu mudah dilakukan,  bahkan oleh orang awam sekalipun, tinggal membuat desain sesuai selera konsumen yang dituju dan menyerahkan proses produksi ke pengrajin.  Untuk menyikapinya, kembali pada faktor kualitas produk yang nyaman dan enak dipakai, serta desain menyesuaikan keinginan konsumen agar mereka lebih puas dengan produk yang diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.