Dedikasikan Hidup Untuk Fashion Aksesori yang Mendunia

0
866
Rinaldy Yunardi (foto Instagram Rinaldy Yuanrdi)
Pojok Bisnis

Tak pernah terlintas sedikit pun dibenak designer ternama Rinaldy Yunardi jika karyanya akan mendunia. Maklum Rinaldy bukanlah jebolan sekolah desain maupun menekuni study di fashion aksesori. “Saya ini hanya lulusan SMA,” ujarnya.

`Bermula dari keisengannya bereksperimen membuat aksesoris di pabrik milik kakaknya, dari sanalah terlahir “Tiara” yakni bisnis fashion aksesori berupa mahkota yang dibuat handmade dengan ketelitian tingkat tinggi dan bertabur berlian. Berkat karya-karyanya yang mendunia Rinaldy Yunardy yang kini dikenal menjadi langgan selebritas tanah air hingga mancanegara.

Salah satu karya Rinaldy Yunardi berupa tiara alias mahkota yang dihiasi 7640 butir berlian. Mahkota tersebut dipakai pemenang ajang kontes kecantikan Miss Grand Indonesia 2018. Designer yang akrab disapa Koh Yum Yum imi mempersembahkan karya Passion Jewelry yang terdiri dari 7640 butir berlian, 1 butir ruby dan emas 71 karat yang nilainya mencapai Rp 3 miliar.

Sorot mata dunia juga tertuju pada mahkota diatas kepala musisi pop dunia, Madona yang menggunakan Tiara karya Rinaldy Yunardi dalam acara Met Gala 2018. Begitu juga dengan headpiece berupa mutiara yang dibentuk mengikuti rambut penyanyi Nicky Minaj di panggung MTV Video Music Awards (VMAS) 2018.

Top Mortar gak takut hujan reels

Selain kedua penyanyi dunia tersebut, karya-karya Rinaldy Yunardi juga dipakai Lady Gaga, Taylor Swift, Gal Gadot, Mariah Carey, Ketty Parry, Kyllie Jennar, Mumo Chou, Zoe Saldana, Anggun Syahrini, Sandra Dewi, Chelsea Olivia, dan masih banyak lagi.

Meski Karyanya banyak dipakai selebritas papan atas dunia tak lantas membuat pria ramah ini jumawa. Yudani yang mulai merintis karir sebagai fashion aksesori sejak 1996 mengatakan 23 tahun kiprahnya di dunia fashion khususnya fashion aksesori bukanlah perjalanan singkat.

Darah bisnis yang diturunkan dari sang papa ini membuatnya konsisten disaat fashion di era tahun 1995-1996 belum berkembang seperti saat ini.  “Kebetulan dulu papa pengusaha tas dan saya bersyukur bisa bertahan karena seiring berjalannya waktu, karena designer ada yang tetap eksis dan berhasil ada juga yang tidak,” ujarnya.

Hal yang membuat Rinaldy Yunardi bertahan adalah kecintaan akan karya-karya yang telah dihasilkannya. “Semua hasil karya saya anggap sebagai anak-anak saya,” tambahnya.

Agar terus menghasilkan karya fashion aksesori yang menarik perhatian dunia internaisonal itu, Rinaldy  Yunardi selalu menggali, mengeksplorasi, mengembangkan serta melakukan berbagai terobosan dan inovasi baru. “Hal ini sudah menjadi rutinitas saya dan staf saya sehingga akan muncul hasil-hasil karya baru, muncul-muncul teknik baru yang kita kembangkan dari teknik lama yang dikreasikan kembali,” papar Rinaldy Yunardi.

Setiap menghasilkan karya-karya fashion yang memukau, Rinaldy Yunardi mengatakan banyak hal yang kerap menjadi ide-ide yang bisa dikembangkan. Maklum pria yang telah mendedikasikan hidupnya untuk menghasilkan karya-karya fashion aksesori ini  mengatakan kerap mendapat ide saat ngobrol denan tamu mulai dari sepatu, tas, pakaian hingga rumah bisa dijadikan ide menghasilkan karya fashion aksesori teranyar.

“Bagi saya Indonesia sangat kaya akan inspirasi dan budaya yang indah yang bisa dieksplorasi. Kalau mentok saya ngobrol dengan staf saya membedah karya-karya lama yang kita sempurnakan, mengembangkan teknik-teknik lama sehingga hasilkan karya baru. Tapi kalau mentok-mentok banget ya tidur,” tukasnya tertawa.

Selain banyak karya fashion aksesori Rinaldy Yunady digunakan selebritas Hollywood, beberapa fashion aksesorinya juga kerap menyabet penghargaan internasional. “Saya pernah buat kreasi 2 produk. keduanya juara 1 di kategorinya masing-masing. Salah satunya jaura umum  dunia,” bebernya.

Kiprahnya yang sudah mendunia menjadikan kiblat fashion bukan hanya designer dalam meniru tren fashion luar negeri. Menurutnya masing-masing Negara punya trennya masing-masing. “Sekarang banyak designer luar melihat-lihat karya-karya fashion anak dalam negeri,” imbuhnya.

Dari setiap produk fashion aksesori yang dihasilkan, Rinaldy Yunardi selalu menggabungkan nuansa klasik dan modern serta mengutamkan kedetilan.  “Ya saya sangat detil, sehingga satu produk bisa dibuat dalam satu hari bahkan berbulan-bulan,” ujarnya.

Ke depan spesialis fesyen aksesori ini masih menjalankan rutinitasnya di kancah internasional, kontrak dengan program TV mancanegara, terlibat dalam ajang fashion show dalam dan luar negeri serta terus menghadirkan produk yang dipesan banyak selebritas mancanegara.

Sebagai senior designer yang telah melanglang dunia ini berpesan pada para junior yang sedang merintis bisnis maupun karir di industri fashion. Menurutnya jangan berpah berfikir instan, dan harus mau melalui prosesnya. “Carilah jati diri, cintai benar profesi yang ditekuni  dan jadilah diri sendiri,” pungkasnya.

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.