Usaha Wedding Ring Custom

0
303

Usaha wedding rings custom ini sejak beberapa tahun lalu memang sedikit banyak memiliki prospek yang merangkak naik. Hal ini dikarenakan bayak orang yang bosan dengan desain cincin pernikana yang monoton. Hal inlah yang menjadikan usaha pembuatan wedding rings custom semakin banyak dicari masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan prosesi pernikahan atau pertunangan.

Dalam memproduksi cincin custom ini  haruslah memerlukan keterampilan khusus dalam memproduksiya. Jiwa seni nan kreatif haruslah menjadi dasar utama untuk menjalani usaha ini, agar hasil dari produksi menjadi sangat memuaskan untuk konsumen. Untuk mengawali usaha ini, Anda bisa menggelontorkan modal awal paling minim yakni Rp 5 juta–Rp 10 juta, hingga modal paling maksimal. Semua itu tergantung dengan bagaimana Anda memulai usaha, apakah itu dalam skala kecil atau besar.

Wedding Rings Custom. Karena bersifat untuk event sakral seperti pernikahan atau pertunangan, biasanya cincin couple tersebut dibuat dari bahan baku emas. Maka dari itu, untuk harga jualnya pun tidak stabil, tergantung harga emas saat itu. Misalnya, untuk bahan emas dengan kandungan 75 % dan kemurnian 18 karat dijual seharga Rp 410 ribu per gram, sedangkan untuk biaya produksi mencapai Rp 600 ribu per pasang cincin. Harga produksi tersebut sudah mencakup pembuatan desain, penulisan nama, crom emas, kotak cincin, serta ongkos kirim.

Untuk ukuran diameter cincin tergantung dari tangan konsumen karena tiap jari tangan berbeda2. Biasanya untuk standar cincin wanita berdiameter 9 milimeter dengan ketebalan 2 milimeter. Sedangkan untuk cincin pria berdiameter 12 milimeter dengan ketebalan 2 mili. Namun ukuran tersebut bisa berbeda sesuai keingin dari konsumen.

Saat ini, desain wedding ring yang banyak disukai konsumen adalah wedding ring dengan model minimalis, tidak terlallu banyak aksesori. Seperti wedding ring dengan “mata” ditengahnya berbentuk lengkungan, dan bila kedua wedding rings milik wanita dan pria tersebut disatukan, maka akan membentuk ukiran hati. dengan desain yang unik dan menarik, sudah pasti akan banyak menarik perhatian konsumen.

Proses Pembuatan. Untuk membuat cincin, khususnya wedding rings, sebuah skill memang harus Anda miliki. Dan keahlian dalam menyulap batangan emas menjadi produk cincin, bisa Anda lakukan secara otodidak dengan belajar dari ahli cincin lainnya. selain itu diperlukan kehatia-hatian dan ketelitian dalam mencetak emas batangan menjadi sebuah cincin.

Bahan baku yang digunakan pastinya emas batangan, logam pencampur, serta bila diinginkan konsumen bisa ditambahkan aksesori lain seperti berlian yang berfungsi sebagai pemanis cincin. Sedangkan untuk peralatannya adalah alat ukir, alat jepit gegep, bor, sumpi, tang jepit, alat pemotong emas, dan alat cetakan emas. Untuk bahan baku tersebut, Anda bisa mencarinya di beberapa toko Emas, danuntuk peralatannya bisa dibeli di toko pertukangan.

Tahapan pembuatannya yakni pencampuran emas batangan 18 karat kandungan 100 % dengan logam pencampuran, sehingga menghasilkan kandungan emas 75 %. Setelah itu emas dan logam tersebut dileburkan  hingga mencair, kemudian cairan emas tersebut dimasukkan dalam cetakan persegi empat, dan didiamkan hingga mengeras.

Setelah mengeras, emas yang berbentuk segi empat tersebut barulah dibentuk dan diukir sesuai desain yang diinginkan konsumen. Setelah terbentuk menjadi cincin yang diinginkan, dilanjutkan dengan tahapan finishing dari krom emas dan pembuatan gravis nama dari pasangan calon pengantin. Sedikit tips, mengapa sebaiknya Anda menggunakan emas 18 karat, karena bahan tersebut memiliki tingkat kekuatan yang maksimal, tidak mudah penyok, dan akan nyaman dipakai. Berbeda dengan menggunakan emas 24 karat, yang hasil akhirnya akan mudah bengkok bila terbentur dengan benda lain.  untuk 1 pasang wedding rings ini membutuhkan waktu 1-2 minggu pengerjaan.

Komunikasikan dengan Konsumen. Meskipun terbilang sepele, namun pembuatan cincin pernikahan ini sangat istimewa, khususnya untuk konsumen. Karena bagi mereka nilai dari cincin pernikahan tersebut merupakan pengikat dari kehidupan mereka selanjutnya. Maka dari itu, bila Anda ingin mengfeluti usaha produksi wedding rings, bukan hanya wajib memiliki skill dalam pembuatan cincin, tetapi mampu membangun komunikasi dan emosi dengan konsumen.

Salah satunya adalah meberikan edukasi mengenai bahan baku yang digunakan, yakni bahan emas, seperti apa sifat, kemurnian, dan kandungan dari emas itu sendiri. Setelah itu barulah Anda membantu konsumen untuk menentukan desain yang sesuai. Meskipun konsumen Anda sudah memiliki desain tersendiri, namun bila Anda merasa kurang dengan desain tersebut, terlebih melihat dari bahan dan pelengkap yang digunakan, bisa Anda komunikasikan terlebih dulu dengan konsumen.

Hal ini untuk meminimalisir rasa tidak nyama saat konsumen memakai cincin hasil buatan Anda.  Karena biasanya konsumen menginginkan desain sendiri, tetapi bahan yang digunakan tidak cocok untuk desain itu. Namun bila konsumen tetap menginginkan desain cincin sepeti yang diminta, Anda bisa mengerjakannya semaksimal mungkin, dengan konsekuensi yang sudah dibicarakan kepada konsumen.

Pemasaran dan Kendala Usaha. Dalam mempromosikan produk wediing ring custom, Anda bisa melakukan berbagai cara, mulai dari menawarkan secara door to dor, pemasaran mulut ke mulut, membuka tempat workshop, hingga melalui pemasaran online seperti mebuka jaringan usaha di website, facebook, dan twitter. Mulailah promosi dari orang-orang terdekat anda, seperti keluarga dan teman. Dengan berbagai sistem promosi dan pemasaran yang anda lakukan, sedikit demi sedikit Anda pun akan mendapatkan konsumen.

Dan dalam menjalankan usaha pembuatan cicnin pernikahan custom ini, jangan kaget bila Anda akan menemukan berbagai permasalahan usaha. beberapa di antaranya adalah ketidaktahuan konsumen mengenai kadar dan kandungan emas yang akan digunakannya, maka dari itu Anda harus memiliki pengetahuan lebih yang membuat konsumen percaya akan hasil kerja Anda. Selebihnya mungkin mengenai komplain-komplain dari konsumen.

Namun seiring Anda menemukan permasalahan usaha, pasti Anda juga akan mendapatkan pegnalaman baru yang bisa menjadikan pembelajaran untuk menjalankan usaha lebih berkembang. Dan sedikit banyak penjelasan dari saya mengenai usaha wedding rings custom ini semoga memberikan inspirasi  bagi Anda.

 

Oleh: Akhirudine (Enyo), Pemilik Al-Akhir Jewellery

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.