KPU Melantik Jutaan Petugas TPS untuk Pemilu 2024 Membangun Demokrasi yang Transparan dan Profesional

0
256
KPU Melantik
Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI)/RMOL
Pojok Bisnis

Pagi ini, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dijadwalkan untuk melantik jutaan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam acara yang akan berlangsung di Merlynn Park Hotel, Jalan KH Hasyim Asyari, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Pelantikan ini merupakan tahap penting dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang.

Menurut UU 7/2017 tentang Pemilu, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia terdiri dari tujuh anggota KPPS. Dalam konteks Pemilu 2024, jumlah total anggota KPPS yang akan dilantik mencapai 5.741.127 orang. Namun, jumlah tersebut tidak termasuk KPPS yang bertugas di luar negeri, yang berjumlah sekitar 12.765 anggota.

Pelantikan jutaan KPPS ini merupakan langkah krusial dalam memastikan terselenggaranya proses pemungutan suara yang adil dan demokratis. KPPS memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan integritas dan transparansi Pemilu, serta menjaga keabsahan suara rakyat. Sebagai anggota KPPS, mereka bertanggung jawab untuk menjaga proses pemungutan suara berjalan lancar, memastikan daftar pemilih yang hadir, serta mencatat dan menghitung suara dengan akurat.

KPU RI berkomitmen untuk membangun demokrasi yang transparan dan profesional melalui pelantikan anggota KPPS

Selain pelantikan KPPS, KPU RI juga akan menerima penghargaan istimewa dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam acara yang sama. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya KPU RI dalam melaksanakan tugasnya sebagai lembaga penyelenggara Pemilu. Penghargaan ini juga menjadi pengakuan atas dedikasi dan komitmen KPU RI dalam menjaga integritas dan profesionalisme dalam proses demokrasi di Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

Penghargaan dari MURI ini menunjukkan bahwa KPU RI telah berhasil mencatatkan prestasi yang luar biasa dalam melaksanakan tugasnya sebagai lembaga penyelenggara Pemilu. Hal ini juga menjadi dorongan bagi KPU RI untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam mengawal proses demokrasi di masa yang akan datang.

Dengan melantik jutaan anggota KPPS dan menerima penghargaan dari MURI, KPU RI menunjukkan komitmen dan kepercayaan dirinya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pilar demokrasi. Proses pemilihan yang berkualitas adalah landasan utama untuk menciptakan pemerintahan yang mewakili kehendak rakyat dan memajukan negara ke arah yang lebih baik. Semoga pelantikan KPPS ini dapat berjalan sukses dan berkontribusi dalam menghasilkan Pemilu yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh seluruh rakyat Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan