Indonesia dan World Startup Kerja Sama Tingkatkan Ekosistem Start-up Manufaktur dan Pertanian

0
154
World Startup
Indonesia dan World Startup Kerja Sama Tingkatkan Ekosistem Start-up Manufaktur dan Pertanian (Dok Foto: KemenkopUKM)
Pojok Bisnis

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), sedang menjajaki kerja sama strategis dengan lembaga inkubator World Startup dari Belanda. Fokus kerja sama ini adalah untuk meningkatkan pengembangan ekosistem start-up di sektor-sektor krusial seperti pertanian, akuakultur, dan manufaktur.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, kekayaan sumber daya alam Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi baru. Dalam kunjungan ke World Startup di Den Haag, Belanda, MenKopUKM Teten Masduki menekankan pentingnya program hilirisasi. Langkah ini bertujuan mengubah hasil sumber daya alam dari penjualan mentah menjadi produk dengan nilai tambah.

Tantangan dan Strategi Pemerintah

Pemerintah Indonesia telah melakukan pembatasan ekspor terhadap hasil sumber daya alam sebagai langkah mendukung program hilirisasi. Menteri Teten menyoroti kebutuhan untuk terus meningkatkan produksi guna mencegah peningkatan pengangguran dan penurunan daya beli. Lebih dari 70 persen lapangan kerja disediakan oleh UKM, menjadikan peningkatan produksi sebagai strategi vital.

Digitalisasi Sebagai Pilar Hilirisasi

Dalam konteks menciptakan ekonomi baru, Menteri Teten menekankan perlunya eksplorasi digitalisasi dari hulu ke hilir. Penggunaan teknologi seperti Internet of Things (IoT) di pengembangan komoditas unggulan domestik dianggap kunci untuk memperkuat strategi hilirisasi. Digitalisasi UKM tidak hanya mencakup e-commerce, melainkan juga aspek teknologi finansial dan platform pengadaan barang dan jasa Pemerintah.

Top Mortar Semen Instan

Kerja Sama dengan World Startup dan Masa Depan Inkubasi Wirausaha

KemenKopUKM telah menjalankan program inkubasi wirausaha bekerja sama dengan 20 lembaga inkubator bisnis di seluruh Indonesia. Pada tahun 2024, mereka berencana menjajaki kerja sama lebih lanjut dengan World Startup. CEO World Startup, Gerrit Jan Van ‘t Veen, menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman dengan pemerintah Indonesia. World Startup, dengan lebih dari 10 tahun pengalaman, berkomitmen untuk mendukung perkembangan ekosistem kewirausahaan secara global.

Kerja sama ini menjadi langkah konkret dalam mengakselerasi pertumbuhan ekosistem start-up di Indonesia dan mendukung visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam dan teknologi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan