Rajin Blusukan dan Kerja Politik Intensif Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menguat dalam Survei Pilpres 2024

0
268
Rajin Blusukan
tangkap layar instagram @ganjar_pranowo
Pojok Bisnis

Rajin Blusukan dan Kerja Politik Intensif Elektabilitas pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, semakin menguat dalam sejumlah survei terkait Pilpres 2024 berkat sejumlah faktor yang mendukung. Menurut Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Ganjar-Mahfud telah melakukan kerja politik yang semakin intensif selama masa kampanye, yang secara efektif meningkatkan elektabilitas mereka.

Salah satu kekuatan Ganjar-Mahfud MD terletak pada kegiatan rajin blusukan terutama Ganjar yang sejak menjabat gubernur Jawa Tengah selama dua periode, gemar turun langsung ke tengah masyarakat. Adi Prayitno menyatakan bahwa hasil survei seharusnya tidak mempengaruhi kerja politik, karena survei hanyalah gambaran situasi politik saat ini yang bisa berubah kapan saja. Hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan terlihat setelah pemungutan suara pada 14 Februari. Oleh karena itu, fokus kerja politik haruslah dekat dengan rakyat dan menawarkan solusi konkret, karena inilah kunci untuk meningkatkan elektabilitas.

Hasil survei terbaru dari Lembaga Indonesia Political Expert (IPE) yang dilakukan pada bulan Desember 2023 menunjukkan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud MD unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud mencapai 33,57 persen, sedangkan Prabowo-Gibran mendapatkan 31,25 persen, dan Anies-Cak Imin memperoleh 26,79 persen. Sejumlah 8,39 persen responden tidak memberikan jawaban atau tidak mengetahui.

Tren kenaikan elektabilitas Ganjar-Mahfud MD terus berlanjut.

Dalam survei yang dilakukan oleh lembaga lainnya, yaitu Indikator Politik Indonesia, pasangan nomor urut 3 ini berada pada posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 24,5 persen. Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan elektabilitas 46,7 persen, dan pasangan Anies-Cak Imin mendapatkan 21,0 persen.

PT Mitra Mortar indonesia

Dengan kerja politik yang intensif dan pendekatan langsung kepada rakyat melalui blusukan, Ganjar-Mahfud berhasil memperoleh dukungan yang signifikan dari masyarakat. Namun, perlu dicatat bahwa situasi politik selalu berubah, dan hasil resmi Pilpres 2024 baru akan diketahui setelah proses pemilihan berlangsung. Oleh karena itu, penting bagi pasangan ini untuk terus melakukan kerja politik yang efektif dan memperhatikan aspirasi serta kebutuhan rakyat dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan elektabilitasĀ mereka.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan