Rencana Operasional Bandara Dhoho Kediri: Stand Khusus UMKM Disiapkan!

0
229
Bandara Dhoho Kediri
Rencana Operasional Bandara Dhoho Kediri: Stand Khusus UMKM Disiapkan! (Foto Instagram: dhitopramono)
Pojok Bisnis

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, mengumumkan bahwa Bandara Dhoho, berencana untuk memulai operasional secara komersil pada awal 2024 ini.

Dalam kunjungannya ke Bandara Dhoho Kediri pada tanggal 4 Januari 2024, Bupati Hanindhito memberikan bocoran bahwa jika tidak ada perubahan jadwal, bandara berstandar internasional ini diharapkan dapat beroperasi pada tanggal 15 Januari.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri, menunjukkan antusiasme terhadap pembukaan bandara ini dan meninjau persiapan yang telah dilakukan.

Menyiapkan Stand Khusus bagi Pelaku UMKM di Sekitar Lokasi Bandara

Sebagai bagian dari upaya menyambut beroperasinya Bandara Internasional Dhoho Kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri telah menyiapkan stand khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar lokasi bandara.

PT Mitra Mortar indonesia

Pendirian stand khusus ini merupakan strategi untuk memberikan peluang kepada UMKM setempat agar dapat tumbuh dan berkembang. Dari sekitar 9.800 UMKM yang menjadi binaan, sebanyak 60 UMKM kategori makanan dan minuman telah siap untuk ditampilkan di bandara.

Stand-stand tersebut ditempatkan dengan strategis di area depan pintu masuk gedung terminal, memberikan eksposur yang optimal kepada pengunjung bandara.

Mamiek Amiyati, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro (Kopusmik) Kabupaten Kediri, menjelaskan bahwa persiapan stand dan produk UMKM telah dilakukan dengan baik.

Saat ini, tinggal menunggu pembenahan tempatnya sehingga segala sesuatunya siap saat bandara beroperasi. Stand-stand tersebut dibagi menjadi tiga klaster, yakni makanan minuman, kopi, dan craft.

Bandara Milik Masyarakat Jawa Timur

Bupati Mas Dhito menekankan pentingnya kolaborasi antar daerah di Jawa Timur dalam memanfaatkan peluang yang diberikan oleh Bandara Dhoho. Ia mengajak kota atau kabupaten lain untuk ikut serta dalam memasarkan produk UMKM mereka di bandara.

Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi Kabupaten Kediri tetapi juga untuk masyarakat luas di Jawa Timur.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah merencanakan operasional penuh Bandara Dhoho pada Januari atau Februari 2024. Pengumuman tersebut disampaikan saat meninjau tahapan kalibrasi fasilitas Bandara Dhoho pada 8 Desember 2023.

Menhub juga memberikan lampu hijau kepada Bandara Dhoho untuk melaksanakan pemberangkatan jemaah haji dan umrah, menunjukkan kepercayaan terhadap kesiapan fasilitas bandara tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan