Bisnis Teh Herbal Yakatea Indonesia: Strategi Sukses Menghadapi Tantangan Digital

0
567
Bisnis Teh Herbal
Bisnis Teh Herbal Yakatea Indonesia: Strategi Sukses Menghadapi Tantangan Digital
Pojok Bisnis

POJOK BISNIS – Pada masa pandemi COVID-19 yang melanda tahun 2020, banyak orang mencari cara untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Di tengah kekhawatiran tersebut, Andi dan Nita, suami istri sekaligus owner dari Yakatea Indonesia, menemukan potensi luar biasa dari daun bambu dan daun-daun herbal lainnya. Melalui riset dan eksperimen yang teliti, mereka menciptakan bisnis produk teh herbal yang kini semakin dikenal dan diminati oleh banyak orang.

Awal Mula Berdirinya Yakatea Indonesia

Andi dan Nita memulai perjalanan mereka di tahun 2021 saat keduanya terpapar COVID-19 dan terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah. Untuk mengisi waktu dan mencari alternatif pengobatan, mereka membaca jurnal dan literatur tentang manfaat daun bambu. Ternyata, daun bambu menyimpan banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan. Selain itu, mereka juga menemukan banyak produk herbal dari daun bambu di luar negeri, namun belum ada yang beredar di Indonesia.

Andi dan Nita kemudian mencoba dan menguji produk-produk herbal berbahan dasar daun bambu tersebut pada diri mereka sendiri. Hasilnya, mereka berhasil menciptakan produk pertama mereka, yakni Teh Daun Bambu. Pada awalnya, produk ini ditujukan untuk riset pribadi, namun setelah mendapatkan respon positif dari 100 orang penerima produk, mereka memutuskan untuk melakukan produksi massal dan memasarkannya.

Mojokerto dipilih sebagai lokasi produksi karena ketersediaan bahan baku di sekitarnya, sementara Kota Malang menjadi pilihan untuk Marketing Office karena akses penjualan yang mudah dan jaringan relasi yang luas.

PT Mitra Mortar indonesia

Dalam menjalankan bisnis ini, Andi fokus pada riset, pengembangan produk, standarisasi, dan packaging, sementara Nita bertanggung jawab pada penjualan dan pemasaran.

Keunggulan Produk Teh Herbal Yakatea

Yang membedakan produk teh herbal Yakatea adalah penggunaan bahan dasar daun-daun an non-teh, seperti daun bambu, daun sirsak, daun kelor, daun salam, daun belimbing wuluh, dan daun murbei. Keputusan ini diambil karena bahan-bahan ini tidak mengandung kafein, sehingga teh herbal Yakatea bebas dari kafein.

Selain itu, masing-masing varian teh herbal memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan kadar gula, menangkal radikal bebas, mengatur pencernaan, mengatasi masuk angin, mencukupi nutrisi tubuh, memiliki efek antioksidan, serta dapat membantu mengobati reumatik dan diabetes.

Salah satu daya tarik lain dari teh herbal Yakatea adalah kemasannya yang sudah siap seduh dalam bentuk tea bag (teh celup), sehingga memudahkan konsumen dalam mengonsumsinya. Selain itu, teh herbal Yakatea bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti lemon, serai, madu, gula aren, atau gula batu untuk menyesuaikan rasa sesuai selera, karena teh herbal ini bebas gula dan bahan pengawet.

Filosofi dan Pendekatan Pemasaran Yakatea

Yakatea Indonesia memiliki filosofi yang mengedepankan nilai berbagi baik dalam segi ekonomi maupun kesehatan. Konsumen yang memilih produk Yakatea tidak hanya akan mendapatkan manfaat kesehatan dari teh herbal berkualitas, tetapi juga berkontribusi dalam mendukung perekonomian lokal dan UMKM. Harga produk Yakatea yang terjangkau memungkinkan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari teh herbal berkualitas tinggi.

Dalam hal pemasaran, Yakatea Indonesia menggunakan metode offline dan online. Mereka berinteraksi dengan konsumen melalui reseller dan distributor di berbagai kota. Di platform digital, mereka memanfaatkan sosial media seperti TikTok, Instagram, dan Facebook, serta platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Strategi iklan dan kampanye di media sosial telah membawa dampak positif bagi bisnis mereka.

Kesuksesan mereka dalam menghadapi tantangan bisnis dan mengoptimalkan platform digital merupakan contoh inspiratif bagi UMKM lain. Yakatea Indonesia membuktikan bahwa pemanfaatan platform digital dalam berbisnis tidak hanya efektif, tetapi juga efisien dalam hal modal dan cashflow. Dengan kesadaran akan potensi pasar yang luas di platform digital, Yakatea Indonesia terus berinovasi dan menjadi bagian dari tren bisnis masa depan.

Misi Menghadirkan Teh Herbal Sehat untuk Semua

Yakatea Indonesia terus berkomitmen untuk menyediakan teh herbal sehat dengan kualitas terbaik untuk masyarakat. Dari pilihan bahan baku yang tepat hingga proses produksi yang cermat, setiap langkah diambil dengan tujuan untuk memberikan manfaat maksimal bagi konsumen. Dalam menghadapi masa depan, Yakatea Indonesia berusaha menjaga kualitas, memperluas pasar, dan terus berkontribusi positif bagi kesehatan dan ekonomi masyarakat. Dengan semangat berbagi manfaat, Yakatea Indonesia membawa perubahan positif dalam industri dan bisnis teh herbal di Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan