Terungkap! Lebih Kaya dari Presiden, Berikut Sumber Kekayaan Menpora Dito Ariotedjo yang tercatat di LHKPN

0
434
Kekayaan Menpora Dito Ariotedjo
Terungkap! Lebih Kaya dari Presiden, Berikut Sumber Kekayaan Menpora Dito Ariotedjo yang tercatat di LHKPN
Pojok Bisnis

POJOK BISNIS — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menarik perhatian netizen karena memiliki kekayaan yang sangat besar. Lebih dari separuh kekayaannya, yaitu sebesar Rp 162,49 miliar dari total Rp 282,46 miliar, berasal dari pemberian atau hadiah.

Meskipun masih berusia 32 tahun, Dito Ariotedjo berhasil mengumpulkan kekayaan mencapai Rp 282 miliar. Jumlah ini bahkan tiga kali lipat lebih besar dari kekayaan Presiden Jokowi yang hanya mencapai Rp 82,3 miliar.

Dito Ariotedjo lahir pada 25 September 1990 dan saat ini menjabat sebagai Menteri. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dari tahun 2017 hingga 2022. Selain itu, Dito juga dikenal sebagai pebisnis di industri olahraga dan aktif di bidang energi dan pertambangan.

Sebelum menjadi Menteri, Dito terlibat aktif dalam politik melalui organisasi sayap Partai Golkar dan sukses menjalankan bisnis di sektor olahraga. Namun, dari mana saja sumber kekayaan Dito Ariotedjo? Mari kita jelaskan lebih lanjut.

PT Mitra Mortar indonesia

Sumber kekayaan Menpora Dito Ariotedjo berasal dari beberapa aspek, antara lain:

Bisnis/Warisan Keluarga:

Dito Ariotedjo berasal dari keluarga yang memiliki posisi keuangan yang baik. Dito memiliki Ayah yang Bernama Arie Prabowo Ariotedjo, ia adalah seorang pebisnis dan profesional di industri pertambangan di Nusantara.

Dia pernah menduduki posisi penting dalam beberapa perusahaan, termasuk sebagai Presiden Direktur PT Medco Energi Mining Internasional, Direktur Niaga PT Bukit Asam Tbk, dan Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) selama periode 2017-2019.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan oleh Dito Ariotedjo pada 12 Juli 2023, tercatat bahwa kekayaannya terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp 187,6 miliar. Sebagian besar kekayaannya berasal dari hadiah yang diberikan oleh keluarganya, seperti tanah dan bangunan di beberapa wilayah dengan nilai total sekitar Rp 124,2 miliar.

Bisnis Properti:

Selain menerima warisan dan bisnis keluarga, Dito Ariotedjo juga memiliki bisnis properti yang sangat menguntungkan. Dito Ariotedjo adalah salah satu dari para pendiri PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia.

BSDE fokus pada pengembangan kawasan terpadu, perumahan, apartemen, pusat perbelanjaan, hotel, dan kantor. Dalam laporannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tercatat bahwa Dito Ariotedjo memiliki saham senilai Rp 1 miliar di PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE).

Bukan hanya itu, Mas Dito (Sapaan Akrab Menpora) juga memiliki investasi saham senilai Rp 1 miliar di PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan properti yang berfokus pada kawasan Alam Sutera di daerah Tangerang.

Investasi di Berbagai Sektor:

Dito Ariotedjo juga memiliki berbagai investasi di sektor-sektor yang menjanjikan, termasuk industri esports dan musik. Dia juga sempat terlibat dalam Rans Sport, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang olahraga elektronik atau esports.

Rans Sport didirikan pada tahun 2021 oleh Dito Ariotedjo bersama dengan artis Raffi Ahmad dan Rudy Salim. Perusahaan ini memiliki beberapa divisi yang mencakup berbagai aspek esports, seperti Rans Esports Academy, Rans Esports Agency, Rans Esports Club (Rans Cilegon FC), dan Rans Esports Media.

Tak hanya itu, ia juga memiliki investasi dalam dunia musik atau hiburan yakni sebagai pendiri dari grup musik The Groove. Dalam laporan yang disampaikannya ke KPK, tercatat bahwa Dito Ariotedjo memiliki alat musik senilai Rp 1,5 miliar.

Sumber kekayaan Dito Ariotedjo berasal dari warisan keluarga, bisnis properti, dan investasi di berbagai sektor, termasuk industri esports dan musik. Selain itu, Dito juga memiliki sejarah prestasi dalam dunia olahraga, menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 di Argentina, dan aktif sebagai pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Prestasinya dalam memimpin gerakan AMPI juga mengantarkannya meraih predikat 30 under 30 oleh Forbes Indonesia pada tahun 2020. Semua ini menunjukkan kontribusi dan prestasi Dito Ariotedjo di berbagai bidang.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan