Kiat Membuat dan Memasarkan Produk Fashion Animasi

0
261
Fashion Animasi (dok rukkirackat.weebly.com)

 

 Bicara mengani produk fashion tidak akan ada habisnya. Pasalnya setiap saat pelaku usaha fashion terus melakukan pengembangan pada produk agar tetap diminati konsumen. Untuk produk fashion dengan desain animasi lucu ini memang sengaja dibuat karena peminat animasi bukan hanya anak-anak melainkan juga kalangan orangtua maupun dewasa.

Modal awal yang digunakan untuk memulai usaha ini bisa dibilang tidak ada (nol rupiah), karena sewaktu memulai usaha masih menggunakan sistem PO dengan sistem tersebut saya hanya ‘menjual’ gambar dari pakaian yang akan di produksi. Disebarkan melalui intenet, ataupun lingkungan teman kuliah. Dan menariknya dari sistem ini, uang pemesanan yang digunakan untuk memproduksi barang selalu dibayar di muka.

Produk Fashion

Beberapa produk yang dibuat sangat beragam mulai dari T-shirt, hoodie, trucker hat, caps, snapback, dan berbagai produk fashion lainnya. Harga yang ditawarkan sangat beragam tergantung dari jenis produk dan juga desain yang diinginkan. Seperti misalnya Rp 90 ribu untuk produk T-shirt hingga Rp 350 ribu untuk produk denim pants, untuk produk yang best seller yaitu hoodie karakter dan tas karakter Hellmo dengan kisaran harga dari Rp 200 hingga Rp 250 ribu per pcs.

Sesuai dengan temanya yaitu produk fashion dengan desain karakter maka setiap bentuk produk yang di buat memiliki karakter tersendiri sehingga konsumen yang membeli lebih merasa bahwa karakter yang mereka pilih adalah bentuk apresiasi yang mereka inginkan. Kebanyakan karakter yang ditampilkan adalah karakter yang sudah tidak asing lagi di masyarakat seperti Hellmo. Angribird, Panda dan lain sebagainya. Selain itu, setiap produk yang di buat memiliki edisi tersendiri sehingga tidak akan sama.

Selain bentuk karakter yang menjadi keunggulan lain dalam produk ini adalah kualitas produk dan juga bahan baku yang digunakan. Bahan baku yang di pergunakan cukup banyak seperti Cotton Combed 30s, 40s, Cotton Fleece, Velboa, Leather, dan lainnya. dan bahan baku tersebut di dapatkan dari daerah Bandung, Jawa barat yang juga disebut sebagai pusat fashion Tanah Air.

Pembuatan

Untuk membuat berbagai produk fashion ini, saya mendapatkan ide dari banyak hal seperti misalnya dari mainan, komik, kartun, atau apapun yang saya lihat atau alami. Proses pembuatan pada dasarnya tidak jauh beda dengan proses pembuatan jaket atau hoodie lainnya, hanya ada sedikit penambahan aplikasi mata, telinga dan mulut. Semua karakter ini berawal dari karakter 2D yang kemudian dituangkan ke dalam berbagai produk fashion.

Dalam tahap pembuatan ini khususnya untuk produk hoodie maupun jaket, sebaiknya dipersiapkan dahulu bahan baku serta alat bantu yang dibutuhkan. Setelah semua produk siap langkah berikutnya adalah pembuatan pola di atas bahan, kemudian di potong sesuai dengan pola yang telah dibuat mulai dari bagian tangan, badan, hingga penutup kepala. Setelah itu jahit sesuai dengan gambar yang diinginkan, jangan lupa pemasangan aplikasi mata, kuping dan mulut.

Bila sudah di jahit lengkap dengan bagian-bagiannya, maka bisa dilanjutkan dengan menambahkan sablon atau gambar di bagian depan dan belakang, jangan lupa lakukan pengecekan apakah jaket yang diinginkan telah sesuai dengan keinginan.

Promosi

Dalam memperkenalkan produk fashion ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan melakukan kerja sama pada beberapa toko fashion dengan sistem yang di sepakati bersama. Selain itu juga bisa dilakukan dengan mempromosikan ke teman, saudara dan juga melalui media online serta jejaring sosial yang bisa menjangkau daerah yang luas. Dengan berbagai sistem pasaran yang dilakukan tidak heran bila produk fashion karakter ini banyak diminati pasar dan telah mendapatkan konsumen di seluruh Indonesia.

Prospek dari usaha ini sangatlah menantang karena cukup banyaknya pesaing yang menggeluti usaha ini. Tapi nilai positifnya, hal tersebut menjadikan sebuah dorongan agar kita terus berkreasi dengan berbagai desain yang dibuat. Untuk kendalanya sendiri, ada pada penjahit atau juga pengrajin. Karena tidak semua penjahit mampu menjahit produk ini dengan baik. Solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penjahit berkualitas ialah dengan banyak mencari dan melatih penjahit-penjahit baru.

 

oleh : Lukki Herdian (Rukki), pemilik Hellmo Artwear

Perum Oesman Singawinata, Blok D XI No. 5-6 Purwakarta, Jawa Barat

website            : www.rukkirackat.weebly.com / hellmo-artwear

email                : [email protected] / [email protected]

twitter             : @rukkirackat / @hellmo_artwear

facebook         : Hellmo Artwear / Rukki Rackat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.