Cari Ide Bisnis Kekinian di IFBC 2019

0
794

Berempat.com – Ajang pameran bisnis Indonesia Franchise and Business Concept Expo (IFBC) 2019 telah resmi digelar akhir pekan ini, 22-24 Maret 2019 di Balai Kartini, Jakarta. IFBC merupakan wadah tepat bagi calon pengusaha untuk mendapatkan ide-ide memulai bisnis.

Founder Kebab Turki Baba Rafi, Hendy Setiono pun mengungkapkan bahwa ajang pameran bisnis semacam ini bisa mendatangkan ide bisnis. Bahkan, ide bisnis yang semula terlihat sederhana bisa menjadi berkembang. Lihat saja, Hendy kini pun mempunyai Baba Rafi Enterprise dan Hendy Setiono Foundation.

"Ada pergeseran tren dari 10 tahun lalu mulai usaha dengan milenial yang baru mulai bisnis. Saya ada di perbatasan generasi itu. Baba Rafi mulai dari ide sendiri, era sekarang berbisnis begitu lagi. Ide, kembangkan sendiri, bisa tapi slow,” ujarnya saat ditemui di IFBC 2019 pekan ini.

Menurutnya, di era milenial saat ini bisnis sudah harus bersifat kolaborasi. Namun, kolaborasi yang dilakukan bergantung pada tingkatan yang ada. Misalnya, untuk tahap awal, bisa mengikuti franchise yang sudah ada sebagai bentuk memulai keberanian melangkah menjadi pengusaha.

Namun, tak ada formula yang pasti dalam mewujudkan ide bisnis hingga berhasil. Hendy menuturkan ada pengusaha yang sukses karena terlebih dulu membuat perencanaan bisnis, tapi ada juga yang langsung melakukan eksekusi dan berhasil.

"Itulah yang membuat usaha ini bersifat dinamis. Tidak pernah ada jawaban benar dan salah, menurut pendapat kita mana yang terbaik, ya dijalani,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.