Keren! Sisihkan 2.200 Nominasi, 2 Startup Indonesia Sabet Penghargaan Ini

0
1872
Ilustrasi Startup. (Flickr)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Startup Indonesia kembali bisa menunjukkan tajinya di kancah internasional. Dua startup tersebut yaitu Tanihub dan Wakuliner yang berhasil menyabet penghargaan dalam ajang Asean Rice Bowl  Startup Awards (ARBSA) di Bali, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, dua perusahaan rintisan tersebut berhasil menyisihkan 2.200 nominasi dari 9 negara di Asia dalam hal teknologi dan pertanian pangan. ARBSA merupakan program yang diinisiasi oleh organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan pertumbuhan untuk startup di negara-negara ASEAN, New Entrepreneurship Foundation Malaysia (MyNEF).

“Secara total, ada 2.200 nominasi dari 9 negara di Asia Tenggara. Para juri yang menjadi penilai adalah pakar yang datang dari seluruh dunia dan memiliki berbagai keahlian dari berbagai industri,” ujar CEO dan Chairman MyNEF Lilyana Abdul Lattif dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/2).

Melalui ajang ini, Lattif pun berharap industri startup di Asia akan terus tumbuh dan berkarya.

Top Mortar gak takut hujan reels

Dalam menyelenggarakan ARBSA di Indonesia, MyNEF bekerja sama dengan Marquee Executive Offices dan Connext Coworking Space.

TaniHub sendiri merupakan e-commerce yang didirikan oleh Eka Pamitra pada Agustus 2016 silam. TaniHub ialah pasar online yang khusus menjual berbagai produk pertanian, mulai dari buah, sayuran, dan perikanan. TaniHub telah berkontribusi membantu petani lokal mengekspor produk pertanian mereka ke beberapa negara di dunia. Sampai saat ini, TaniHub telah menggandeng 20.000 petani yang merupakan anggota dari 1.200 kelompok tani di Indonesia. Tahun ini, TaniHub menargetkan jumlah petani yang akan bergabung mencapai 30.000.

Sementara itu, Wakuliner merupakan marketplace kuliner yang dilahirkan Anthony Gunawan pada 2016 silam. Aplikasi pertemuan kuliner ini telah berhasil menarik 7.000 pengguna dan didukung oleh 3.600 pedagang yang tersebar di 60 kota di Indonesia.

Penghargaan ARBSA sendiri terbagi ke dalam empat kategori. Ada kategori Star Awards yang memilih pemenang dengan sub kategori Startup of The Year, Founder of the Year, Best Newcomer dan People’s Choice. Sementara untuk Ecosystem Awards memiliki empat sub kategori yaitu Investor of the year, Best Accelerator/Incubator Programme, Best Ecosystem Initiative dan Best-Co Working Space. Untuk Industri Awards, ajang ini membagi dengan tujuh kategori yaitu Best Fintech, Best Health/Med tech, Best Food & Agro Tech, Best E-Commerce, Best Logistic & Supply Chain, Best Business Automation Tooldan Best Life Helper. Kategori keempat adalah Cross Sector Awards yang dibagi menjadi tiga sub kategori yaitu Best Digital Marketing, Best AI/Machine Learning dan Best IoT.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.