Menghitung Mundur Tutupnya Seluruh Toko Payless Shoesource di AS

0
1285
Salah satu store Payless Shoesource. (wikimedia.org)

Berempat.com – Usia toko ritel sepatu Payless Shoesource sudah tak akan lama lagi. Saat ini Payless akan secara bertahap menutup seluruh tokonya di AS. Hal tersebut terjadi karena kondisi menuju kebangkrutan.

Menurut juru bicara Payless, sekitar 2.100 toko milik Payless yang tersebar di AS dan Puerto Rico akan ditutup dalam beberapa bulan ke depan. Menurut CNN Business, penjualan likuidasi telah dimulai pada akhir pekan lalu dan toko-toko akan ditutup mulai Maret 2019.

Kendati demikian, sejumlah toko Payless di AS masih akan buka hingga Mei 2019 mendatang. Selain toko ritelnya, Payless juga akan menutup toko online-nya.

Berdiri sejak tahun 1956 di Topeka, Kansas, AS, Payless kini memiliki lebih dari 3.600 toko di 40 negara dan mempekerjakan 18.000 pegawai. Namun kini, pada sebuah laporan, di akhir Februari ini Payless akan mengajukan bangkrut untuk kedua kalinya. Payless pertama kali melayangkan dokumen bangkrut Chapter 11 pada April 2017 lalu dan menutup 400 toko. Sebelumnya, Payless sudah melakukan upaya penyelamatan berupa reorganisasi dan pemangkasan utang jutaan dollar AS namun gagal.

Namun, juru bicara mengungkapkan bahwa operasional Payless di luar AS tidak akan terdampak kebangkrutan atau penutupan gerai ini.

Payless adalah peritel konvensional terkini yang menyatakan bangkrut dan menutup toko-tokonya karena gempuran toko online. Sebelumnya toko ritel yang sudah menyatakan bangkrut ialah Toys R Us, Brookstone, dan Charlotte Russe.

“Laju disrupsi yang pesat di (industri) ritel sangat dikenal. Namun, laju perubahan di dalam peritel terus lambat,” ungkap Greg Portell, partner di perusahaan konsultan AT Kearney.

Portell menyebut bahwa saat ini banyak peritel terperangkap di siklus di mana mereka harus terus mengejar tren konsumen. Namun tanpa aksi yang berarti, maka lanskap industri ritel di AS akan terus dihantui kebangkrutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.