Remaja Asal Kupang Terpilih sebagai Pemenang Sociopreneurship Kapal Api

0
588
Para peraih Sociopreneurship Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu. (idnnews.id)

Berempat.com – Kapal Api telah resmi mengumumkan tiga pemenang Sociopreneurship Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu pada Awarding Night beberapa waktu lalu di Jakarta. Dengan diumumkannya ketiga pemenang tersebut, maka rangkaian program pengembangan sociopreneurship ini pun berakhir.

Adapun pemenang utama diraih oleh remaja asal Kupang, Meybi Agnesya dengan ide bisnis pengolahan pangan berbasis daun kelor yang dimulai dengan pembentukan Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia (SL-TMOI). Meybi berhak menerima modal usaha sebesar Rp250 juta dan mentoring bersama wirausahawan Yoris Sebastian selama 6 bulan.

“Warga mendambakan pendidikan keterampilan yang peka terhadap kebutuhan sosial budaya masyarakat setempat. Oleh karena itu, kami bertekad membangun Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia (SL-TMOI) untuk melatih kemampuan warga Desa Pitay Nusa Tenggara Timur bertani daun kelor secara efektif dan efisien. Kemudian kami juga berencana membangun fasilitas teknologi rumah pengering daun kelor,” jelas Meybi.

Untuk pemenang kedua diisi oleh Azis Pusakantara asal Jakarta. Ia berhak mendapatkan dana Rp100 juta untuk mewujudkan ide Eco-Pavings, yaitu pembuatan paving block yang memanfaatkan limbah kantong plastik.

Dan pemenang ketiga diisi oleh Elven Aprilnico asal Jakarta. Ia berhak mendapatkan dana sebesar Rp50 juta berkat ide bisnis Titik Balik Coffee, di mana coffee shop dan roastery-nya dijalankan melalui pemberdayaan narapidana dan bekas narapidana. Narapidana dengan sisa masa tahanan kurang dari enam bulan diberi pembekalan keterampilan menyeduh kopi di kedai yang berada di lembaga pemasyarakatan (lapas) untuk melayani warga serta pengunjung lapas.

Ketiga pemenang juga menegaskan bahwa Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu menjadi bekal yang luar biasa bagi mereka dalam mewujudkan gagasan usaha yang berdampak positif bagi masyarakat. Ilmu dan pengalaman yang dibagi oleh para mentor yang merupakan sociopreneur sukses di bidangnya, dinilai sebagai kesempatan istimewa yang tidak dinikmati oleh semua orang.

Sementara itu, Marketing Manager PT Santos Jaya Abadi Johnway Suwarsono pun menyampaikan harapannya agar para pemenang dapat meningkatkan skala usaha sosialnya sehingga dampak yang diberikan kepada masyarakat sekitar juga bisa lebih besar.

“Bertemu dengan para calon dan pegiat sociopreneur muda di sepanjang program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu telah memberikan optimisme kepada Kopi Kapal Api akan banyaknya generasi muda yang memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pendekatan kreatif sociopreneurship,” ujarnya.

Salah satu juri program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, Yoris Sebastian, Founder & Creative Thinker OMG, mengungkapkan bahwa proposal usaha sosial yang didaftarkan mempunyai kualitas yang bervariasi. Meski demikian, tiga pemenang ini terpilih dari 20 finalis yang kami nilai merupakan calon-calon sociopreneur dengan pemikiran yang visioner dan passion yang kuat dalam mengatasi permasalahan sosial-ekonomi di sekitarnya.

Senada dengan Yoris, juri lainnya yakni Veronica Colondam, Founder Yayasan Cinta Anak Bangsa, menilai bahwa para pemenang sangat kreatif dan inovatif memanfaatkan peluang dan dukungan ekosistem dalam mewujdukan usaha sosial yang berdampak.

“Saya berharap, mereka yang telah sampai di titik ini selanjutnya mampu membangun usaha yang berkelanjutan dan mengelola profit sesuai misi utamanya dalam memecahkan masalah sosial,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.