Jelang May Day, Pemerintah Berikan Fasilitas Cek Kesehatan Gratis di CFD Cibinong

0
258
Para pekerja atau buruh sedang melakukan cek kesehatan gratis di area CFD Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/4)

Berempat.com – Pada 1 Mei mendatang perayaan Hari Buruh Internasional akan berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam menyambut hari besar bagi buruh atau pekerja di seluruh dunia itu, pemerintah melakukan berbagai kegiatan dan acara yang bersinggungan dengan buruh.

Salah satu kegiatan yang teranyar adalah disediakannya fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis kepada pekerja dan buruh di area Car Free Day GOR Pakansari Cibinong, Bogor, Minggu (15/4).

“Kegiatan ini bertujuan agar pekerja dan kita semua sadar akan pentingnya kesehatan, dan juga untuk meningkatkan mutu kesehatan pekerja Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan saat ditemui di lokasi.

Menurut Haiyani, May Day tidak selalu dirayakan dengan menggelar aksi turun ke jalan. Haiyani juga mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan inisiatif dari Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri karena menjaga kesehatan itu penting bagi kita semua.

Melalui kegiatan ini, pemerintah berharap agar para pekerja bisa rutin melakukan pemeriksaan sehingga kondisi kesehatan akan tetap terjaga. Karena dengan kesehatan yang terjaga juga akan berpengaruh pada tingkat produktivitas sehingga kualitas hidup makin optimal.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini terdiri dari pemeriksaan EKG (pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik jantung), SGPT (fungsi hati), Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Konsultasi Dokter Umum.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) juga mengadakan kegiatan menjelang May Day, yakni Lomba Memasak Kreasi Ikan yang dilaksanakan di D’Mall Depok, Jawa Barat, Sabtu (14/4) lalu.

Lomba Memasak Kreasi Ikan ini diikuti oleh 32 peserta yang seluruhnya berlatar belakang buruh atau pekerja. Adapun juri yang mengisi kompetisi ini adalah Penasehat Persatuan Dharma Wanita Kemnaker Ma’rifah Hanif Dhakiri, Perwakilan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia Tuti, dan Juara Masterchef Indonesia tahun 2011, Lucky Andreono.

Diketahui, di tahun ini peringatan May Day dirayakan dengan mengusung tagline ‘May Day is a Fun Day’ dengan maksud agar peringatan hari buruh internasional dijadikan sebagai hari yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.