Psikologi Jadi Hal Penting Apabila Ingin Jadi Pengusaha Sukses

0
323
Ilustrasi. (pexels.com/@mentatdgt)

Berempat.com – Umumnya apabila bicara soal kunci sukses jadi pengusaha, kita akan selalu dihadapkan pada berbagai hal yang berhubungan dengan rencana, modal, maupun melihat peluang. Namun, kita jarang membicarakan soal psikologi. Padahal, psikologi juga menjadi hal penting untuk diperhatikan apabila ingin menjadi pengusaha sukses.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh CB Insights terhadap 101 post-mortem esai pendiri start-up yang bisnisnya telah bangkrut, psikologi menjadi hal utama yang harus dimiliki pengusaha sebelum bicara soal melihat peluang, memecahkan masalah, dan sebagainya.

Dan kebanyakan pengusaha yang bisnisnya bangkrut karena sang pendiri tak memiliki psikologi yang kuat. Apabila Anda ingin menjadi pengusaha sukses, maka hal-hal di bawah ini perlu untuk Anda cermati.

CB Insight menemukan beberapa kesamaan pada alasan kegagalan perusahaan untuk bertahan. Misalnya, 13% pemilik bisnis tak fokus dan 8% mengaku karena kelelahan.

Sementara itu ada juga studi lain dari University of California yang menyebutkan bahwa 72% pengusaha yang masih aktif memiliki masalah psikologi yang kurang baik. Bila permasalahan tersebut dibiarkan, dengan kondisi psikolog yang kurang baik maka pengusaha sama saja sudah kalah dalam bisnis sebelum terjun.

Menurut studi CB Insight, sebanyak 13% responden mengaku tak harmonis dengan tim internal maupun investor. Inilah pentingnya memiliki mental atau psikologi yang baik karena dapat berdampak pada kelangsungan bisnis.

Ada hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga psikologi tetap baik, yakni jalinlah relasi sebanyak-banyaknya dan jangan ambil seluruh pekerjaan. Anda bisa meminta bantuan kepada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, upayakan untuk meningkatkan kesadaran sampai mana batasan Anda dalam bekerja. Bila dirasa sudah suntuk, maka ambilah waktu untuk beristirahat sejenak. Kemudian pelajari tentang berbagai situasi, orang-orang, dan tantangan yang mungkin akan membuat Anda kehilangan keseimbangan; dan kenali mereka di mana Anda berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.