Google Investasikan US$1 Miliar Bangun Kampus Baru di New York

0
539

Berempat.com – Google Alphabet Inc. dikabarkan akan membangun kampus barunya di New York, Amerika Serikat. Untuk itu, Google telah berinvestasi lebih dari US$1 miliar. Langkah ini menjadikan Google sebagai perusahaan teknologi besar kedua setelah Amazon yang mengambil modal keuangan Amerika untuk memperluas dan menciptakan ribuan pekerjaan.

Kampus baru tersebut berdiri di atas lahan seluas 1,7 juta kaki per segi yang mencakup properti sewaan di Hudson Street dan Washington Street. Kampus tersebut diberi nama Google Hudson Square.

Menurut rencana, Google akan pindah ke gedung baru tersebut pada 2022 mendatang. Mereka juga menyusun rencana agar bisa menggandakan jumlah pegawainya di New York menjadi 14.000 dalam 10 tahun mendatang.

“Investasi kami di New York adalah bagian besar dari komitmen kami untuk tumbuh dan berinvestasi di fasilitas, kantor, dan lowongan pekerjaan di AS. Bahkan, kami tumbuh lebih cepat di luar Bay Area daripada di dalamnya,” terang Chief Financial Officer dari Alfabet dan Google Ruth Porat, seperti dilansir dari Channel NewsAsia, Selasa (18/12).

Analis Atlantic Equities James Cordwell menyebut bahwa langkah yang diambil Google sangat masuk akal mengingat banyaknya bakat yang ada.

“Ini juga masuk akal bagi Google karena New York telah menjadi pusat untuk bisnis periklanan inti mereka,” ujar Cordwell.

New York memang menjadi salah satu kota yang penting di Amerika sebagai pusat inovasi dan inkubator bagi startup atau perusahaan teknologi yang sudah sustain. Ditambah dukungan sejumlah pekerja kerah putih dan infrastruktur yang baik, kota ini mampu menyediakan pilihan yang lebih baik.

Sebelumnya, Google dikabarkan telah mendekati kesepakatan untuk membeli atau menyewa sebuah gedung kantor di New York City yang dapat menambah ruang bagi lebih dari 12.000 pekerja baru.

Sebagai informasi, kantor pertama Google di New York berada di 111 Eighth Avenue. Kantor tersebut menjadi salah satu bangunan terbesar di kota yang dibeli pada 2010 seharga US$1,77 miliar.

Awal tahun ini, Google pun mengumumkan pembelian US$2,4 miliar dari Manhattan Chelsea Market. Google juga telah menyewa ruang di Pier 57 menjorok ke Hudson, yang akan menciptakan kampus empat blok.

Selain Google, perusahaan besar seperti Apple Inc dan Amazon.com Inc juga melakukan hal sama. Apple pada minggu lalu menyebut telah berinvestasi 1,1 miliar untuk membangun kampur baru di Austin, Texas. Sementara Amazon.com akan membuka kantor di New York dan wilayah Washington, D.C. dan akan melahirkan lebih dari 25 ribu lapangan kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.