AIA Healty Living Index 2018: Kepuasan Masyarakat Indonesia pada Kesehatan Naik

0
87
Konferensi pers hasil riset AIA Healty Living Index 2018 di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Kamis (6/12). (Berempat.com/R.Shandy)

Berempat.com – PT AIA Financial telah mengeluarkan hasil riset terbaru terkait kepuasan masyarakat di kawasan Asia terhadap kesehatan mereka. Riset bertajuk AIA Healty Living Index 2018 tersebut pun mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat di ASIA terhadap kesehatan pada 2018 sebesar 81%. Angka tersebut menurun jika dibanding dengan tahun 2016 dengan tingkat kepuasan 84%.

Hal tersebut diungkap oleh Head of Brand Communication PT AIA Financial, Kathryn Monika Parapak saat konferensi pers di Elite Club Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Kamis (6/12).

“AIA Healty Living Index adalah survei yang kami lakukan di Asia Pasifik untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai kesehatan dan harapan mereka untuk hidup yang lebih baik. Melalui survei ini, kami dapat memahami tren kesehatan saat ini sehingga kami dapat membantu masyarakat hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik,” terang Kathryn.

Selain itu, Kathryn pun mengaku bahwa hasil riset ini bisa menjadi acuan bagi AIA untuk mengembangkan produk dan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Termasuk untuk melakukan berbagai inisiatif untuk memotivasi masyarakat menjalankan pola hidup sehat.

Namun kendati merasa kurang puas terhadap tingkat kesehatan, imbuh Kathryn, hasil riset AIA menemukan bahwa masyarakat Asia mengalami peningkatan pada pola hidup sehat dibanding tahun 2016 sebesar 4.7 menjadi 5.0 di 2018.

Meskipun di kawasan Asia mengalami penurunan, namun ternyata di Indonesia tingkat kepuasan masyarakat terhadap kesehatan terus mengalami peningkatan sejak 2013. Pada tahun ini sebanyak 96% masyarakat Indonesia puas terhadap tingkat kesehatan mereka, naik 3% dibanding tahun 2016. Hal tersebut pun membawa Indonesia berada di peringkat 11 dari 16 negara di Asia Pasifik. Peringkat ini pun naik dibanding tahun 2013 yang ada di posisi 15 dan 2016 di posisi 14.

AIA Healty Living Index 2018 merupakan riset yang sudah dilakukan oleh AIA sejak 2011 dan menjadi riset edisi ke-empat. Tahun ini, survei dilakukan kepada 11.000 responden usia di atas 18 tahun yang berada di 16 negara di Asia di mana AIA beroperasi. Metode survei dilakukan dengan 3 cara, yakni melalui kuesioner online, wawancara tatap muka, dan telepon.

Pada konferensi pers yang digelar, turut hadir ahli gizi dr. Raissa E. Djuanda M.Gizi, Sp.GK dan instruktur zumba yang juga pemilik Sana Studio Laila Munaf. Setelah konferensi pers berlangsung, AIA beserta teman media dan blogger yang diundang pun melakukan zumba bersama-sama sebagai bentuk hidup sehat.

Sudah aktif menulis sejak 2011. Menggemari fiksi. Beberapa karya cerpen sudah dibukukan dan dimuat di berbagai media online. Sudah menelurkan 4 buah buku bertema inspirasi bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here