Perjanjian Dagang 11 Negara Akan Berlaku pada Akhir Tahun Ini

0
55
Para pemimpin negara-negara anggota Trans-Pacific Partnership berfoto bersama usai pertemuan di Santiago, Chile, Kamis (8/3). - (Dok. Reuters)

Berempat.com – Perjanjian dagang antara 11 negara atau Trans-Pacific Partnership (TPP) akan berlaku pada akhir Desember 2018. Menurut keterangan dari Menteri Perdagangan dan Pertumbuhan Ekspor Selandia Baru, kepastian tanggal berlakunya TPP tersebut didapat setelah Australia meratifikasi kesepakatannya, setelah sebelumnya sudah dilakukan oleh Kanada, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, dan Singapura.

“Hal ini menjadi awal perhitungan mundur 60 hari hingga dimulainya perjanjian tersebut dan tahap pertama pemotongan tarif,” terangnya di Wellington, Selandia Baru, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (31/10).

Selandia Baru sendiri merupakan negara yang mengemban tanggung jawab sebagai pihak yang menerima dan menyebarluaskan notifikasi dari negara-negara anggota pakta perdagangan tersebut.

Diberlakukannya TPP ini berarti akan ada pemangkasan tarif yang nilainya lebih dari 13% PDB global yang totalnya mencapai US$10 triliun.

“Dengan menguatnya proteksionisme di seluruh dunia, pentingnya aturan yang adil dan bebas semakin diperlukan,” ujar Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi dalam konferensi pers terpisah di Tokyo, Jepang.

Sementara itu, bagi Pemerintah Australia TPP akan mendorong ekspor produk pertanian dengan nilai lebih dari US$36,91 miliar pada tahun ini. Adapun lima negara lainnya yang belum melakukan ratifikasi adalah Brunei Darussalam, Chile, Malaysia, Peru, dan Vietnam.

Sebagai informasi, Amerika Serikat sebelumnya turut menjadi negara yang ikut dalam TPP ini, namun negara tersebut memutuskan keluar tak lama setelah Donald Trump menjabat sebagai presiden. Selepas keluarnya Amerika, Jepang kemudian memimpin negara-negara lainnya untuk memfinalisasi revisi pakta perdagangan tersebut pada Januari 2018, yang diberi nama Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP)

Bercita-cita menjadi pengusaha setelah sukses menjadi wartawan bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here