Startup Sudah Bisa Daftar Program Akselerasi BE-X!

0
353
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan program BE-X. (Bekraf/ar)

Berempat.com – Berdasarkan riset yang dikeluarkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), kontribusi ekonomi kreatif Indonesia pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pada 2016 naik 4,95% atau senilai Rp 922,59 miliar. Secara keseluruhan, ekonomi kreatif Indonesia menyumbang 7,44% terhadap ekonomi nasional.

Dari angka tersebut diketahui bahwa sektor arsitektur menjadi penyumbang tertinggi sebesar 2,34%, disusul sektor aplikasi dan game developer 1,86%, serta desain produk sebesar 0,22%.

Bahkan, menurut Bekraf, kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB di Indonesia lebih tinggi dibanding negara ASEAN lainnya. Singapura tercatat hanya mendapat kontribusi 5,70% dan Filipina 4,92%.

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan Bekraf dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia, maka Bekraf meluncurkan program akselerasi bagi startup, BE-X. Melalui program tersebut, Bekraf bakal menyeleksi puluhan startup untuk dapat berkembang menjadi lebih besar dan berkelanjutan.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik mengatakan, program ini akan menjaring startup yang berada di Jakarta, Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

“Program akselerasi ini berfokus pada aspek kemampuan pengembangan bisnis, supaya para founder bisa mengembangkan dan mengeksekusi ide yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar,” terang Ricky di Jakarta pekan lalu.

Startup yang terpilih nantinya berkesempatan untuk memperoleh pendampingan pengembangan kapasitas oleh beragam mentor dan akses pendanaan dari investor.  Selain itu, startup  juga akan mendapat pelatihan dan pengembangan pada bidang pemasaran dan pengembangan produk dari praktisi bisnis digital.

Nantinya, seluruh startup yang berpartisipasi akan memaparkan gagasan dan produknya dalam demo day di hadapan berbagai stakeholder dan pemodal ventura.

Pendaftaran program akselerator ini pun sudah dibuka sejak 19 Oktober 2018 yang bisa diakses melalui http://be-x.bekraf.go.id/. Dalam proses seleksi, Bekraf akan mengkurasi proposal secara daring untuk kemudian menilai dan mengundang startup yang terpilih untuk melakukan pitching lebih dulu.

Program BE-X ini diklaim sejalan dengan upaya pemerintah mendorong pengembangan ekosistem startup dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Menurut Ricky, pendampingan melalui program akselerasi dibutuhkan bagi startup agar dapat memiliki mental yang lebih tangguh dalam menghadapi persaingan pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.