Desa Tertinggal di Situbondo Bakal Ekspor 44.400 Kg Kopi ke AS

0
354

Berempat.com – Upaya yang dilakukan oleh beberapa pihak termasuk pemerintah dalam mengembangkan produk unggulan sebuah wilayah kini telah membuahkan hasil. Kopi jenis arabika yang merupakan produksi dari Desa Kayumas Arjasa, Situbondo, Jawa Timur akan diekspor ke Amerika Serikat (AS) sebanyak 44.400 kilogram (kg).

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo mengungkapkan, ini merupakan contoh konkret dari upaya para pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan produk unggulan di sebuah wilayah.

“Ini adalah contoh konkret kesuksesan upaya konsolidasi hasil produksi pertanian dan sinergi stakeholders terkait. Semangat gerakan ekonomi rakyat ini akan kita lanjutkan di tempat-tempat lain,” ujar Samsul, Minggu (23/9).

Sebagai informasi, Kopi jenis arabika yang diekspor ini merupakan hasil produksi dari Koperasi Serba Usaha (KSU) Surya Abadi Kayumas di Desa Kayumas Arjasa. Dalam proses ekspornya, produk ini mendapat bantuan dari PT Indokom Citra Persada Sidoarjo, Pemerintah Daerah Situbondo serta Perhutani.

Menurut Samsul, nantinya keberhasilan yang sudah dibuktikan oleh KSU Surya Abadi Kayumas ini bakal direpresentasikan di 122 daerah tertinggal lainnya.

Samsul pun mengungkapkan, kegiatan simbolis fee premium yang akan diserahkan oleh PT Indokom Citra Persada kepada KSU Surya Abadi Kayumas sebesar Rp 288 juta akan dilakukan pada Senin (24/9) di Sekretariat KSU Surya Abadi Kayumas.

Kegiatan tersebut pun dibarengi dengan peresmian pembangunan kantor koperasi, pembangunan jalan tani, penyerahan alat-alat pertanian dari koperasi kepada kelompok tani, serta pembagian paket sembako kepada 80 keluarga petani.

“KSU Surya Abadi Kayumas mampu menjadi ikon baru dalam gerakan ekonomi rakyat,” tutur Samsul.

Samsul berani berkata demikian sebab KSU Surya Abadi telah berperan dalam membangun perekonomian desa yang berdampak pada penambahan lapangan kerja. Bahkan, Samsul menyebut KSU Surya Abadi telah mampu mendorong generasi muda untuk menjadi petani, lebih khusus menjadi petani kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.