Kemenaker dan Lingkaran Sukses Adakan Beasiswa Pelatihan Digital Mastership

0
443
Suasana kelas beasiswa Digital Mastership di Innovation Room, Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta. (Dok. Kemenaker)

Berempat.com – Pada Juni 2018 lalu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah meresmikan sebuah ruangan di salah satu sudut Gedung Kemenaker yang diberi nama Innovation Room. Ruangan tersebut disediakan khusus sebagai wadah talenta muda yang inovatif dan kreatif untuk berkembang.

Dan kini, sebagai salah satu programnya, Kemenaker menggandeng salah satu platform edukasi kreatif Indonesia, Lingkaran untuk memberikan beasiswa kepada talenta muda Indonesia untuk mendapatkan pelatihan yang bertema Digital Mastership.

“Program beasiswa yang diusung berisi pelatihan dengan tema Digital Mastership selama enam belas kali pertemuan. Animo peserta sendiri sangat tinggi dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar untuk empat kelas tersebut,” ujar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (18/9).

Adapun empat kelas yang dimaksudkan ialah brand strategist, social media specialist, digital marketer dan complex problem solving. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, Hanif berharap para peserta pelatihan akan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk mampu membuat strategi merek yang mereka miliki.

Menurut informasi yang diberikan oleh pihak Kemenaker, total terdapat 700 pendaftar dalam program beasiswa tersebut. Namun, dari 700 orang tersebut hanya akan disaring menjadi 80 talenta muda yang dinilai siap berkontribusi dan berkolaborasi.

Diketahui pula bahwa 700 pendaftar tersebut memiliki latar belakang usaha startup yang beragam, seperti pendiri platform belanja online, merek fesyen, penggiat e-commerce, pariwisata, creative agency, media, dan penggiat di dunia digital.

Untuk peserta yang akan lolos dipilih berdasarkan motivasi yang dimiliki, penjelasan usaha startup yang dijalani, dan komitmen dalam pelatihan secara penuh. Namun, Kemenaker dan Lingkaran lebih mengutamakan startup yang memiliki tujuan mengembangkan UMKM dan potensi daerah.

Pada pertemuan yang berlangsung selama 27 Agustus-15 September 2018 tersebut para peserta mendapatkan pembelajaran aplikatif berisi mentoring bersama ahli, workshop, sharing session, dan materi eksklusif yang bisa langsung diterapkan oleh peserta pada bisnis mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.