Inilah Penyebab BEI Setop Sementara Perdagangan Saham Perusahaan Erick Thohir

0
611

Berempat.com – Pada hari ini, Senin (17/9), Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham PT Mahaka Media Tbk. (ABBA) yang dimiliki oleh Erick Thohir. Langkah tersebut diambil oleh BEI lantaran saham ABBA terus melejit signifikan selama 7 hari berturut-turut.

“Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA), dalam rangka cooling down PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk menghentikan sementara perdagangan sama PT Mahaka Media Tbk (ABBA),” tulis keterangan BEI dalam keterbukaan informasinya, Senin (17/9).

Penghentian sementara ini berlaku di pasar reguler maupun pasar tunai. BEI bermaksud agar pelaku pasar dapat mempertimbangkan kembali secara matang sebelum membeli saham ABBA.

Kekhawatiran BEI terhadap lonjakan saham ABBA tak terlepas dari munculnya sentimen positif pasar terhadap saham ABBA selepas didaulatnya Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye pasangan calon Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam tempo 5 hari, sampai dengan Jumat (14/9) lalu saham ABBA melejit 29 poin atau 23,97% menjadi Rp 150 per saham.

Padahal, sebelumnya saham ABBA tak pernah jauh dari Rp 50 per lembar saham sejak melorot pada Juli 2018 hingga 7 September 2018. Sehingga ABBA sempat mendapat sebutan saham gocapan.

Atas peningkatan saham yang signifikan tersebut, BEI sempat menyematkan perdagangan saham ABBA dalam aktivitas saham di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

Erick Thohir sendiri sempat buka suara terkait melejitnya saham Mahaka. Erick menilai bahwa naiknya saham ABBA tak terlepas dari asumsi pelaku pasar belaka. Ia menegaskan tak ada intervensi atas terpilihnya dirinya sebagai ketua tim pemenangan terhadap ABBA.

Erick pun memastikan bahwa dirinya tetap bersikap profesional. Ia sempat menyinggung bagaimana sikapnya saat menjadi ketua INASGOC kemarin. Selama perhelatan Asian Games 2018, ia memastikan bahwa iklan Asian Games tak hanya masuk ke media di bawah Mahaka Media, melainkan hampir ke seluruh media lain.

“Semua (media) dapat, tapi kita enggak dapat lho, coba saja cek. Itu menunjukkan saya bertindak profesional, seperti ketika Pak Jokowi nyatakan saya posisinya profesional,” ujar Erick di Hotel Ayana Mid Plaza, Jakarta, Jumat (4/9) lalu.

Erick bahkan menyebut dirinya sudah tak lagi mengurusi PT Mahaka Media Tbk. sejak 2 tahun yang lalu. Adapun perusahaan yang berada di bawah ABBA di antaranya ialah Mahaka Media yang membawahi Harian Republika, Republika Online, dan City TV Network yang menjadi induk sejumlah TV lokal seperti Jak tv, City TV, Lombok TV, dan KCTV. Selain itu ada juga media penyiaran yang dimiliki seperti Prambors, Gen FM, Jak FM, dan Hot FM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.