Menanti Jawara Wirausaha Muda Mandiri 2018

0
390

Berempat.com – Ajang pengembangan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) oleh Bank Mandiri kembali berlangsung di tahun ini, yakni Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Pada tahun ini, sebanyak 70 finalis WMM 2018 akan saling unjuk gigi untuk bersaing guna menjadi jawara Wirausaha Muda Mandiri 2018.

Expo WMM 2018 sendiri berlangsung di Mall Olympic Garden, Malang, Jawa Timur pada 6–9 September 2018. Sementara untuk acara puncak sendiri yang menjadi acara pemberian Penghargaan WMM 2018 akan berlangsung pada 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, WMM Expo 2018 ini merupakan bentuk apresiasi Bank Mandiri terhadap mahasiswa dan alumni WMM yang telah merintis usaha dan mampu memberi nilai tambah kepada masyarakat.

“Melalui WMM Expo ini, Bank Mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif,” ungkap Rohan dalam keterangannya belum lama ini.

WMM Expo 2018 sendiri merupakan rangkaian acara dari WMM 2018. Sejumlah produk kreatif dan inovatif turut dihadirkan pada expo kali ini. Selain itu, beberapa pelaku usaha yang merupakan alumni WMM turut menjadi pembicara dalam program talkshow. Pembicara yang dihadirkan di antaranya pemilik Noonaku Signature yang merupakan alumni WMM 2016 Florentina J. Sutanto dan pendiri Coffee Toffee yang juga alumni WMM 2011 Odi Anindito.

Menurut Rohan, ajang WMM 2018 telah dimulai sejak Maret 2018 lalu. Tercatat, sebanyak 800 lebih pengusaha muda dari 34 perguruan tinggi dan 10 komunitas/inkubator bisnis terdaftar untuk menjadi yang terbaik.

“Berdasarkan hasil penjurian tahap awal, sebanyak 70 wirausaha muda terpilih untuk mengikuti seleksi nasional pada 12 September 2018 di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media, dan Bank Mandiri,” jelas Rohan.

Kepesertaan WMM sendiri terbagi atas dua kategori, yakni kategori Mahasiswa program SI atau Diploma dan kategori pengusaha muda non-Mahasiswa. Pada tahun ini, kompetisi WMM yang sudah berlangsung sejak 2007 mengompetisikan beberapa kategori, yakni kategori wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa; wirausaha Kreatif; wirausaha Boga; wirausaha Sosial dan kategori wirausaha Teknologi.

Adapun, jawara WMM 2018 akan mendapatkan hadiah uang tunai dan berkesempatan mendapat berbagai kemudahan dalam mengakses produk Bank Mandiri dengan nilai dan kondisi yang bervariasi sesuai kebutuhan.

“Khusus pada kategori wirausaha Teknologi, para pemenang dan finalis juga berkesempatan mendapatkan pendampingan dan pembiayaan dari perusahaan anak Bank Mandiri di bidang modal ventura, yakni PT Mandiri Capital Indonesia,” imbuh Rohan.

Namun, di samping itu, Rohan mengklaim bahwa Bank Mandiri turut berupaya mendorong para pemenang dan finalis WMM 2018 untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.